oleh

Resep Mie Celor Khas Palembang

PortalMadura.Com – Kota Palembang merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak makanan khas yang menggugah selera. Oleh karena itu penikmat kuliner nusantara banyak yang mengunjungi Palembang hanya untuk berburu kelezatan kulinernya.

Salah satu makanan khas Palembang yang banyak diburu penikmat kuliner nusantara yaitu mie celor. Makanan berkuah dengan bahan dasar mie ini mempunyai rasa yang gurih dan mengenyangkan.

Namun untuk menikmati mie celor khas Palembang, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Palembang. Anda bisa membuatnya di rumah. Penasaran, seperti apa resepnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan:

10 ekor udang
2 papan mie telur, rendam dengan air panas
200 ml santan kental
1 batang seledri, iris tipis
1 sdm maizena, larutkan dengan air kaldu

Bumbu cemplung:

2 lembar daun jeruk
1 buah jeruk nipis
1 sdm kecap asin
garam, gula dan lada bubuk secukupnya

Bumbu halus:

3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 buah cabai kriting
5 butir kemiri, sangrai
1 sdm ebi kering

Cara membuat:

Rebus udang utuh (lengkap dengan kulit dan kepalanya) hingga mendidih dengan 300 ml air agar menjadi kaldu udang. Jika sudah sedap, matikan api dan saring air kaldu.

Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan daun jeruk. Masak hingga bumbu matang. Setelah itu, tuang kaldu ke dalam bumbu tumis, sisakan air kaldu sedikit untuk dilarutkan dengan tepung maizena. Sisihkan larutan maizena.

Tuang santan, masak hingga mendidih. Kemudian masukkan kecap asin, garam, gula dan lada bubuk. Setelah itu, masukkan mie telur yang sudah layu ke dalam kuah. Lalu tuang larutan maizena agar kuahnya mengental. Tes rasa, jika sudah pas, angkat. Ambil udang dan kupas dari kulit dan kepalanya.

Komentar