oleh

Indonesia Perpanjang PPKM Sampai 2 Agustus 2021

PortalMadura.Com –Indonesia akan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 mulai 26 Juli sampai 2 Agustus 2021 untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo secara daring pada Minggu.

“Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden yang akrab disapa Jokowi ini mengatakan perpanjangan tersebut dilakukan dengan sejumlah penyesuaian, di antaranya kegiatan ekonomi masyarakat diizinkan untuk beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

“Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa, dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari, bisa buka kapasitas maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00

“Pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Presiden Jokowi

Presiden juga mengatakan bahwa pengendalian Covid-19 telah menunjukkan perbaikan, terlihat dari positivity rate dan bed occupancy ration (BOR) di beberapa provinsi.

Namun Jokowi meminta semua pihak tetap berhati-hati dalam menyikapi perbaikan tersebut, terutama dengan kemungkinan adanya virus Covid-19 yang lebih menular lagi.

Indonesia menerapkan PPKM darurat pada 3-20 Juli di Jawa dan Bali, serta 15 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali.

Selanjutnya, kebijakan tersebut diperpanjang hingga 25 Juli 2021 dan berganti nama menjadi PPKM level 4 dan 3.

Komentar