Resep Ngohiong Ayam Udang yang Gurih dan Harum

Avatar of PortalMadura.com
Resep Ngohiong Ayam Udang yang Gurih dan Harum
Ilustrasi (cookpad.com)

PortalMadura.Com – Perayaan Imlek merupakan pesta rakyat orang Tionghoa. Biasanya, di hari raya ini panganan khas yang disajikan berupa kue keranjang atau olahan daging babi. Tapi tidak hanya itu saja, ada beberapa makanan halal yang bisa disantap penikmat kuliner.

Salah satunya yaitu ngohiong ayam udang. Gorengan yang satu ini mirip dengan sosis ikan, karena dibuat dari seafood giling dan ayam. Kadang, makanan ini disebut juga dengan nama kekian, walaupun sebenarnya ngohiong dan kekian adalah dua masakan berbeda.

Ngohiong dibungkus dengan kembang tahu, sementara kekian tidak. Ngohiong juga menggunakan five spice yang di Indonesia sering disebut bumbu ngohiong. Lalu, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut ini ngohion ayam udang untuk Anda pelajari, seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (6/1/2020) dari laman Merdeka.com:

Bahan (4 gulung):

300 gram udang kupas, giling
150 gram bawang bombai, cincang halus
150 gram fillet ayam, giling
4 sendok makan tepung tapioka
4 lembar kembang tahu
3 siung bawang putih, cincang halus
3 sendok makan es serut
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh bumbu ngohiong (five spice)
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh merica bubuk
1 putih telur
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Ngohiong:

Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Setelah itu angkat dari kompor. Campur tumisan bawang tadi dengan udang giling, ayam giling, tepung tapioka, saus tiram, bumbu ngohiong, garam, gula pasir, dan merica bubuk.

Kemudian, aduk hingga benar-benar rata. Masukan putih telur, lalu lanjutkan dengan air es sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula kayu atau besi hingga adonan kalis. Pisahkan adonan menjadi empat bagian sama rata, kemudian bungkus masing-masing dengan kulit tahu.

Selanjutnya, gulung adonan hingga padat, kemudian bungkus dengan aluminium foil atau plastik food grade. Panaskan air secukupnya di panci kukusan, kemudian kukus ngohiong selama 20 menit.

Setelah ngohiong matang, angkat dan biarkan dingin. Setelah itu, goreng dengan minyak panas dan banyak sampai renyah. Sajikan dalam keadaan utuh atau potong-potong terlebih dahulu.

Baca Juga : Kue Imlek : Mengintip Kemeriahan Imlek di Berbagai Kota di Indonesia

Selesai, Ngohiong Ayam Udang sudah siap dinikmati. Bagaimana, mudah bukan?. Selamat mencoba dan menikmati.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.