oleh

Resep Nugget Lele yang Gurih dan Nikmat

PortalMadura.Com – Olahan lele sering ditemui dalam menu lalapan yang dipadukan dengan beberapa sayuran dan sambal pedasnya. Tapi selain dibuat demikian, lele juga bisa dikreasikan menjadi nugget enak dan gurih.

Menu ini diolah dari fillet ikan lele. Membuatnya hampir sama dengan nugget ayam yang dikukus dan dihaluskan terlebih dahulu. Langsung saja, yuk simak resep membuat nugget ikan lele yang mudah berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (15/3/2021) dari laman Merdeka.com:

Bahan

4 ekor ikan lele ukuran sedang
4 sendok makan tepung terigu
4 sendok makan tepung tapioka
1 butir telur ayam

Bumbu Halus

3 siung bawang putih
1 sendok makan garam halus

Pelapis

1/4 sendok teh garam halus
Tepung terigu secukupnya
Tepung panir secukupnya

Cara Membuat Nugget Lele

Pertama, kukus ikan lele selama 5 menit. Setelah itu, angkat dari kukusan, tunggu sampai dingin, dan pisahkan daging dari tulangnya. Kemudian, haluskan bawang putih bersama garam dan sisihkan.

Setelah itu, haluskan daging ikan lele dengan blender, tidak perlu sampai terlalu halus. Lalu, aduk rata dengan telur, bumbu halus, tepung terigu, dan tepung tapioka.

Selanjutnya, cetak adonan di loyang, kemudian kukus hingga matang sempurna. Setelah dingin potong-potong seukuran satu suapan. Buat adonan pelapis dari tepung terigu yang dicampur dengan garam dan air, kemudian balut nugget dengan pelapis.

Terakhir, guling-gulingkan ke tepung panir. Nah, nugget lele sudah siap digoreng. Anda juga bisa menyimpannya dengan meletakkan nugget yang sudah dibuat di dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam freezer agar semakin awet. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.Com

Komentar