oleh

Resep Puding Cendol Gula Merah untuk Menu Buka Puasa

PortalMadura.Com – Menu buka puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah, yaitu diawali dengan yang manis-manis. Salah satu hidangan manis yang dapat menghilangkan dahaga Anda karena seharian berpuasa adalah cendol.

Minuman favorit orang Indonesia yang satu ini terdiri dari santan, larutan gula merah dan adonan cendol berwarna hijau. Rasanya yang gurih, manis dan menyegarkan membuat minuman ini selalu digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Jadi, minuman yang memiliki tekstur lembut ini sangat cocok sebagai menu buka puasa Anda dan keluarga. Nah, bagi Anda yang bosan dan ingin berinovasi dengan menu es cendol, yuk buat menu modifikasi puding cendol gula merah.

Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan layer cendol:

200 gram cendol
1 1/2 bungkus agar-agar
250 ml santan
1 bungkus tepung maizena
500 ml air
140 gram gula pasir

Bahan layer gula merah:

200 gram gula merah
1 1/2 bungkus agar-agar
500 ml air
210 ml santan
Daun pandan secukupnya

Cara membuat:

Masukan air dan gula pasir ke dalam panci, panaskan. Lalu aduk sampai gula larut. Setelah itu, masukan 1 1/2 bungkus agar-agar. Masak hingga mendidih. Lalu, masukan santan, tepung maizena, dan masukan sedikit garam agar santan tidak pecah. Pastikan tepung maizena tidak menggumpal. Setelah tercampur semua, dinginkan sebentar.

Selanjutnya, masukan cendol, dan aduk hingga rata. Kemudian, masukan ke dalam cetakan puding, lalu dinginkan ke dalam kulkas selama 15-20 menit.

Untuk membuat layer gula merah, masukan 400 ml air, tunggu hingga mendidih. Kemudian, masukan gula merah masak sampai larut. Setelah itu, masukan 1 1/2 bungkus agar-agar.

Setelah agar-agar larut, masukan santan dan daun pandan. Dinginkan sebentar, kemudian tuang ke lapisan puding cendol. Masukan ke dalam kulkas selama 15-20 menit. Puding cendol gula merah siap disajikan. Selamat menikmati menu buka puasa. (liputan6.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar