oleh

Resep Roti Jala Khas Melayu yang Lembut

PortalMadura.Com – Makanan yang berbentuk jala atau jaring ini sering disebut dengan roti jala atau roti kirai. Kuliner ini paling enak disantap bersama kuah kari sebagai ciri khasnya, bisa kari kambing, kari ayam, atau kari daging sapi.

Roti jala dengan kuah kari sangat populer sebagai menu makanan melayu, india bahkan timur tengah.

Di Indonesia sendiri cukup dikenal dengan roti jala khas Riau, Melayu Sumatera Utara hingga Aceh dengan bermacam variasinya.

Roti jala bisa menjadi makanan ringan yang enak di rumah. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini resep bahan dan cara membuat roti jala, yang dilansir dari laman merdeka.com.

Resep Roti Jala Khas Melayu

Bahan-bahan:
150 gram tepung terigu serbaguna
2 sendok makan minyak sayur
1 butir telur ayam
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
margarin secukupnya

Cara Membuat :
Campurkan telur, santan dan minyak sayur, aduk rata. Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah yang berisi tepung terigu, masukkan gula dan garam lalu aduk sampai tak ada adonan yang kasar atau menggumpal. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, gunting ujungnya.

Siapkan teflon dan panaskan dengan api kecil. Semprotkan adonan dalam teflon dan bentuk seperti jala atau jaring. Bila sudah matang, angkat kemudian lipat. Roti jala siap disajikan bersama kuah kari atau kental manis.

Selamat mencoba Resep Roti Jala Khas Melayu yang Lembut tersebut.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar