oleh

Resep Sambal Goreng Kentang Hati yang Pedasnya Bikin Nagih

PortalMadura.Com – Sambal goreng kentang hati termasuk salah satu sajian yang banyak peminatnya. Apalagi jika dimasak lumayan pedas, dijamin bisa membuat penikmatnya menjadi lahap makan.

Cara membuatnya pun tidaklah sulit, dan bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan di pasaran. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Baca Juga: Menu Jumat: Resep Sambal Kentang Telur Puyuh yang Gurih dan Lezat

Berikut ini resep sambal goreng kentang hati:

Bahan-bahan:

500 gram kentang
50 gram petai, dibelah dua (opsional)
4 pasang hati ampela
3 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
Kecap manis secukupnya
Minyak goreng, secukupnya

Bumbu halus:

5 buah cabai merah besar, buang isinya
7 buah cabai rawit (sesuai selera)
9 siung bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat sambal goreng kentang hati:

Kupas kentang, potong dadu, dan goreng hingga matang. Sisihkan terlebih dahulu. Lalu, cuci bersih ampela dan hati. Potong dadu, jangan terlalu kecil. Goreng hingga matang, kemudian sisihkan.

Selanjutnya, siapkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu hingga harum dan matang. Kemudian, masukan daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk rata.

Setelah itu, masukan hati ampela, petai (opsional), dan kentang yang sudah digoreng hingga matang. Aduk rata semua bahan dan bumbu hingga keduanya tercampur rata. Tambahkan kecap manis. Masak kira-kira selama 10 menit hingga matang serta bumbu meresap dengan baik. Sambal goreng kentang hati siap disajikan selagi hangat.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar