Harga Bawang Putih Merangkak Naik, Cabai Biasa Berangsur Turun

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Bulan Puasa, Harga Bawang Putih di Sumenep Melangit
Ilustrasi (Businesstoday.id)

PortalMadura.Com, di pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merangkak naik. Pada pekan lalu hanya Rp 33 ribu per kilogram, namun hari ini mencapai Rp 56 ribu. Sedangkan cabai kecil biasa semula Rp 90 ribu dan saat ini seharga Rp 65 ribu per kilogram.

“Harga bawang putih ada kenaikan sekitar Rp 23 ribu per kilogram, sedangkan cabai kecil biasa ada penurunan atau tidak stabil,” kata Kabid Perdagangan , Ardiansyah Ali Sochibi, ST, MT, Jumat (7/2/2020).

Selain itu, sebagian komoditas lainnya juga mengalami kenaikan seperti telur ayam ras, semula Rp 21 ribu menjadi Rp 23 ribu per kilogram. Sebagian yang lain juga mengalami penurunan seperti bawang merah besar semula Rp 38 ribu menjadi Rp 28 ribu, dan tomat semula Rp 10 ribu menjadi Rp 8 ribu per kilogram.

“Sebagian komoditas juga mengalami ketidakstabilan harga, ada yang turun pada pekan lalu, saat ini malah naik dan juga sebaliknya. Ini disebabkan oleh kondisi cuaca yang juga tidak menentu,” paparnya.

Sebagian komoditas terpantau stabil seperti beras jenis ir 64 Rp 10.500, ir desa Rp 9.500, gula pasir lokal Rp 14 ribu, minyak goreng curah Rp 11.500, daging sapi murni Rp 120 ribu, daging ayam broiler Rp 34 ribu, daging ayam kampung Rp 80 ribu.

“Telur ayam kampung Rp 43 ribu, bawang merah Rp 28 ribu, mentega curah Rp 24 ribu, kol/kubis Rp 5 ribu, kentang Rp 13 ribu, wortel Rp 15 ribu, buncis Rp 12 ribu dan kelapa Rp 5 ribu per buah,” tegasnya.

Baca Juga : Bisnis Narkoba, Suami Susul Istri di Penjara

Pemerintah daerah dalam hal ini Disperindag melakukan pemantauan harga komoditas secara berkala di Pasar Anom Baru Sumenep. Hal itu dimaksudkan agar diketahui perkembangan harga, baik naik atau turunnya harga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.