Resep Sambal Goreng Rebung, Pedasnya Mantap

  • Bagikan
Resep-Sambal-Goreng-Rebung,-Pedasnya-Mantap
Ilustrasi (cookpad.com)

PortalMadura.Com – Pernah mengonsumsi rebung?. Ya, tunas atau anakan yang masih muda dari akar bambu itu tidak hanya tumbuh menjadi sebatang pohon. Tapi juga bisa dikonsumsi seperti layaknya sayur pada umumnya.

Peminatnya sekarang juga semakin banyak, karena rebung ini bisa diolah dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dijadikan sambal goreng rebung. Selain enak, sensasi pedasnya itu akan membuat selera makan Anda nambah lagi dan lagi.

Bagaimana, penasaran dengan rasanya?. Yuk langsung saja ikuti resep berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (9/11/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan

250 gram rebung
250 gram daging ayam
1 sdm garam
4 cabai rawit merah
5 cm lengkuas, digeprek
2 lembar daun salam dan serai
1 sdm larutan air asam jawa

Bumbu Halus

5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
7 buah cabai keriting
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
5 cm kunyit
Gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat

Pertama, rebung direbus dengan 1 sdm garam sampai empuk. Setelah masak ditiriskan, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, potong-potong sesuai selera Anda.

Setelah itu, rebus daging ayam sampai empuk, lalu potong-potong. Lalu, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan serai, lengkuas, daun salam, dan air asam jawa. Aduk sampai tercampur rata.

Terakhir, masukkan daging ayam, cabai rawit, dan rebung. Tambahkan sedikit air. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Angkat dan sajikan. Selesai, sambal goreng rebung sudah siap disantap bersama nasi putih hangat. Selamat mencoba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.