Resep Sate Lilit Ikan Bandeng yang Maknyus

Avatar of PortalMadura.com
Resep Sate Lilit Ikan Bandeng yang Maknyus
Ilustrasi (cookpad.com)

PortalMadura.Com – Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi. Selain itu, ikan dengan duri lunak di dalam daging ini bisa dijadikan berbagai menu masakan. Seperti, bandeng presto, otak-otak dan lain sebagainya.

Rasa daging ikan bandeng yang gurih ditambah dengan bumbu-bumbu pasti akan menghasilkan menu masakan yang menggugah selera. Salah satunya yaitu sate lilit ikan bandeng. Selain unik karena biasanya sate menggunakan daging ayam, sapi dan kambing, menu ini juga pasti rasanya juara.

Penasaran bagaimana cara membuat dan juga rasanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

350 gram daging ikan bandeng
50 ml santan
50 gram kelapa parut
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 batang serai, cincang halus

Bumbu Halus:

5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar
2 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
1 cm kunyit bakar
1 cm kencur
3 lembar daun jeruk, buang daun tulangnya
1 batang serai, ambil putihnya

Cara Membuat:

Tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk, dan serai cincang hingga harum. Kemudian angkat dan biarkan dingin di suhu ruang.

Haluskan daging bandeng dengan chopper atau food processor. Kemudian campur daging bandeng, kelapa parut, dan bumbu halus. Setelah itu, giling sampai tercampur rata. Lalu tambahkan santan dan aduk rata.

Ambil tusuk sate. Lalu lilitkan adonan di tusuk sate. Lakukan sampai bahan habis. Kemudian panggang sate lilit ikan badeng hingga matang. Sate lilit ikan bandeng ini bisa disajikan dengan sambal matah sesuai selera. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.