Bagus Bagi Kulit, Ini 5 Khasiat Daun Mint

Editor: Desy Wulandari
Bagus Bagi Kulit, Ini 5 Khasiat Daun Mint
Ilustrasi (Liputan6.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Daun mint sering digunakan untuk bahan tambahan makanan. Namun selain itu, daun mint juga sering digunakan dalam bahan untuk pembersih, astringent, toner, dan pelembap. Sehingga dengan kata lain daun mint bermanfaat untuk kecantikan.

Ada beberapa manfaat daun mint untuk kecantikan khususnya kulit. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari laman Style Craze, berikut ini penjelasannya:

Mencerahkan Kulit

Selain bengkoang atau lemon, tahukah Anda daun mint mampu membantu mencerahkan kulit. Hal ini pun jarang diketahui oleh sebagian orang. Padahal jenis dedaunan tersebut kaya manfaatnya, khususnya untuk kecantikan.

Ketika menyentuh kulit, mint memiliki efek yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Jika Anda mengaplikasikannya menjadi sebuah tambahan makeup, maka akan merasakan sensasi sejuk dan juga sekaligus mencerahkan.

Mengobati Jerawat

Daun mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Keduanya secara efektif dapat mencegah jerawat, yang dapat merusak penampilan cantik Anda.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Daun ini juga mengandung vitamin A, bisa mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Selain itu, mint juga dapat mengeringkan dan menghilangkan jerawat, serta memperkecil ukuran pori-pori.

Menghilangkan Komedo

Tak hanya jerawat, daun mint juga bisa membantu menyingkirkan komedo yang membandel. Terutama di bagian hidung, kerap terlihat bintik hitam yang mana telah menyumbat pori-pori.

Komedo berasal dari tumpukkan kotoran yang mengendap di pori-pori bagian hidung. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan mint sebagai bahan alami agar kulit menjadi bersih tanpa kotoran.

Menghilangkan Iritasi

Iritasi pada kulit seperti gatal karena alergi atau gigitan nyamuk, cukup mengganggu Anda dan meninggalkan bekas yang biasanya bewarna merah.

Anda bisa mencegah dan menghilangkan iritasi tersebut dengan menggunakan mint. Sifat anti-inflamasi yang kuat dari bahan ini meredakan iritasi akibat gigitan nyamuk dan kondisi yang memperburuk kulit lainnya.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Menghidrasi Kulit

Saat digunakan dengan bahan yang tepat, mint dapat mengunci kelembaban di kulit Anda dengan cara mengencangkan pori-pori. Selain itu, mint juga dapat melembutkan dan menenangkan kulit kering dan gatal karena alergi atau gigitan nyamuk.

Tidak lupa dibantu dengan minum air putih yang cukup, agar kulit Anda tetap segar, terhidrasi dan tidak mudah menua atau cepat keriput. Kadar air yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.