oleh

Resep Seblak Pedas Jeletot, Dijamin Bikin Ngiler dan Nagih

PortalMadura.Com – Seblak merupakan jajanan khas Bandung yang sekarang lagi populer. Sensasi kepedasannya itu yang bikin makanan ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi ditambah dengan topping khusus dari seblak lain, dijamin bikin ngiler para pecintanya.

Nah, bagi para penyuka makanan pedas Anda wajib mencoba seblak jeletot. Di dalamnya terdapat beberapa isian seperti ceker ayam, baso sapi, telur dan yang lainnya. Pastinya menggugah selera makan Anda.

Tidak perlu berlama-lama, langsung yuk ikuti resep seblak pedas jeletot berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (30/4/2021) dari laman Idntimes.com:

Bahan

1 bungkus mie instan
1 genggam kwetiau basah
1 genggam makaroni
1 genggam kerupuk mentah
6 ceker ayam
2 telur ayam
6 baso sapi
Kaldu bubuk secukupnya
Daun bawang secukupnya, diiris
Garam & gula secukupnya
Air matang secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Minyak untuk menumis

Bahan Bumbu Halus

6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 ruas kencur
5 butir kemiri
20-30 buah cabai rawit merah
10 buah cabai merah besar

Cara Membuat

Pertama, rendam dahulu kerupuknya dengan menggunakan air dingin hingga mengembang dan agar nanti lebih mudah matang ketika dimasak. Kemudian, bersihkan ceker ayam dengan air bersih, lalu rebus ceker agar nanti ketika dimasak lebih mudah matang. Setelah selesai semua, sisihkan dulu ke dalam wadah.

Kemudian, siapkan panci untuk merebus mi instan bersama makaroni ke dalam air mendidih, rebus sampai matang. Tambahkan 1-2 sendok makan minyak goreng ke dalam rebusan, aduk dan biarkan matang lunak. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, seduh kwetiau dengan air panas, lalu angkat dan tiriskan. Haluskan semua bahan bumbu halus seperti bawang, kencur, kemiri dan cabai. Dan pastikan halus merata bumbunya. Lalu sisihkan ke dalam wadah.

Dalam wajan, panaskan minyak goreng lalu masukan bumbu halus, dan tumis hingga tercium aroma harum. Baru setelah itu masukkan mi instan, kwetiau, kerupuk, makaroni, dan baso. Aduk semua hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya, garam, gula, kaldu bubuk, atau bisa juga dengan tambahan bumbu dari mi instan. Aduk hingga merata semua. Kemudian pecahkan telur di atasnya, aduk merata sampai mendidih.

Terakhir, jika sudah matang semua, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan di atasnya dengan taburan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan.

Selesai, nikmatilah hidangan seblak pedas jeletot ala rumahan selagi masih hangat, siap-siap aja kebanjiran keringat nih menyantapnya. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar