oleh

Resep Serabi Ketan Hitam yang Rasanya Unik

PortalMadura.Com – Saat ini ada berbagai jenis camilan yang bisa menemani ngopi atau ngeteh di pagi dan sore hari, juga di waktu santai bersama keluarga. Tinggal menyesuaikan dengan selera dan budget Anda. Namun, kadangkala camilan unik dan bisa dibuat di rumah mempunyai nilai tersendiri bagi masyarakat. Salah satunya seperti serabi ketan hitam yang lezat dan cocok di lidah orang Indonesia.

Selain rasanya yang unik karena menggunakan ketan hitam, serabi ketan hitam juga menggunakan bahan-bahan alami lainnya. Penasaran seperti apa rasa dan bagaimana cara membuatnya? Ini dia resepnya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (18/10/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari aku youtube Farah Quinn:

Bahan-Bahan:

30 ml air hangat
1/2 sdt ragi instan
200 gram tepung beras
100 gram tepung ketan hitam
1 sdt garam
150 gram gula pasir
100 gram tape singkong
600 ml santan
1 butir telur
200 gr kelapa, dikeruk panjang
nangka yang sudah dipotong-potong

Baca Juga: Tak Penuhi Persyaratan, 22 Sekolah di Sumenep Belum Bisa Cairkan Dana BPOPP TisTas

Loading...

Langkah-Langkah Pembuatan:

Membuat biang yaitu mencampurkan air, ragi instan lalu diaduk dan diamkan selama 10 menit agar bereaksi. Kemudian, sisihkan. Setelah itu, campurkan tepung beras, tepung ketan hitam, garam, gula pasir lalu aduk. Tambahkan tape singkong, aduk kembali hingga tape hancur. Lalu masukan campuran itu bersama biang yang telah dibuat, aduk kembali.

Masukan campuran di atas dengan setengah dari santan terlebih dahulu diaduk dengan mixer selama 10 menit agar halus. Setelah 10 menit, tambahkan telur dan sisa santan tadi. Aduk lagi dengan mixer selama 5 menit. Kemudian tutup adonan dengan plastik dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Panaskan wajan kecil dengan api kecil, ambil adonan secukupnya dan letakkan di wajan kecil dengan sedikit memutar wajan untuk kulit pinggiran serabi. Tutup wajan kecil dengan wajan kecil lainnya agar adonan matangnya rata. Ketika hampir matang tambahkan topping kelapa muda, lalu tutup lagi. Lalu saat matang, untuk mengambil serabi, ambil dari bagian pinggir. Ulangi buat serabi dengan topping kelapa muda lalu sajikan. Selamat mencoba.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar