oleh

Resep Shabu-shabu Seafood yang Enak dan Segar

PortalMadura.Com – Shabu-shabu merupakan makanan yang berasal dari Jepang. Menu ini dikenal dengan irisang daging yang tipis kemudian dicelup ke dalam panci diatas meja makan yang telah dibumbui.

Setelah itu, dimasukan kembali dalam kuah yang dimakan dengan saus khas beraroma wijen. Biasanya, daging dihidangkan dalam shabu-shabu menggunakan beberapa lauk seperti ayam, ikan fugu, ikan kakap, gurita, dan lainnya sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, ada juga sebagian orang yang menggunakan sejumlah sayuran sebagai pelengkap dari shabu-shabu tersebut. Aroma yang khas dan sensasi kuahnya yang seger dijamin bikin selera makan Anda semakin bertambah.

Mau tahu bagaimana rasanya?. Yuk bikin sendiri di rumah shabu-shabu seafood dengan mengikuti resep berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (4/1/2021) dari laman Selerarasa.com:

Bahan Utama

200 gram udang kupas, dan sisakan ekornya
150 gram cumi, potong ring
200 gram ikan kakap fillet, iris
1/2 sendok makan air jeruk lemon
6 buah bakso ikan, potong dua
6 buah bakso udang, potong dua
50 gram mi putih jepang
1 pak (100 gram) enoki

Bahan Bumbu

1.100 ml kaldu ayam
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 tangkai daun ketumbar
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh penyedap rasa
3 sendok makan air jeruk lemon

Bahan Pelengkap

3 siung bawang putih
3 buah cabai kering
2 buah ebi, seduh

Cara Memasak

Langkah pertama goreng semua bumbu halus dengan menggunakan blender. Selanjutnya rebus kaldu, serai, bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Untuk menghasilkan kuah yang bening maka sebaiknya saring sebelum digunakan.

Kemudian, rebus kembali dan tambahkan daun ketumbar, gula pasir, garam, lalu penyedap rasa. Masukan air jeruk lemon, aduk semua sampai rata dan angkat. Kemudian lumuri cumi, udang, ikan dengan air jeruk lemon lalu sisihkan.

Terakhir, rebus kembali kuah hingga mendidih dan masukan semua bahan, masak kembali hingga siap disajikan. Selesai, Anda sudah bisa menikmati shabu-shabu seafood di rumah.

Cukup mudah bukan?. Ya, untuk Anda yang ingin membuatnya dengan bahan lain, bisa disesuaikan dengan favorit keluarga Anda. Selamat mencoba.

 

Baca Juga: Saldo Google Play Gratis

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Selerasa.Com

Komentar