oleh

Resep Soto Ayam untuk Hidangan Lebaran yang Lezat

PortalMadura.Com – Berakhirnya bulan Ramadan tentu akan Anda rindukan sekali. Namun juga ada perasaan rindu dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya ini menjadi hari besari bagi umat islam di seluruh dunia.

Agenda selanjutnya, setelah salat Idul Fitri adalah silahturahmi dengan tetangga dan saudara. Selain silahturahmi dan halal bi halal, hal ini yang khas dari lebaran adalah sajiannya. Sajian pada saat lebaran biasanya lontong opor atau ketupat, bahkan ada juga menu soto ayam.

Soto ayam adalah masakan yang memiliki rasa lezat, yang bisa dinikmati saat lebaran, dan dimasak tanpa santan. Melansir dari laman fimela.com, berikut ini resep umtuk membuat soto ayam yang lezat. Yuk, simak dibawah ini.

Bahan-bahan:
200 gram kubis, iris tipis
50 gram soun, rendam dengan air panas
3 lembar daun jeruk
1 ekor ayam
2 lembar daun salam
200 gram tauge matang
4 buah kentang bersihkan dan iris tipis
2 buah tomat, bagi jadi 6 bagian
4 buah kemiri
3 butir telur ayam rebus, iris menjadi 4 bagian
2 liter air
50 gram bawang goreng
1/2 sdt merica
2 batang serai
1 buah jeruk nipis, bagi menjadi 8 bagian
1 batang daun bawang, iris halus
25 gram lengkuas
2 sdm minyak goreng
2 cm kunyit
15 gram jahe
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdm garam

Cara Memasak:
Haluskan kemiri, jahe, kunyit dan bawang putih serta bawang merah. Lalu tambahkan garam dan merica. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan daun salam dan daun jeruk, serta lengkuas dan serai. Tumis hingga harum dan sisihkan. Rebus air, setelah mendidih masukkan bumbu yang sudah ditumis.

Rebus kuah hingga mendidih dan masukkan ayam, rebus sampai matang. Tambahkan merica dan garam sesuai selera. Keluarkan ayam, pisahkan daging ayam dan tulangnya. Sisihkan daging ayam lalu masukkan lagi tulang ayam ke dalam kuah. Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus ke dalam kuah.

Di sisi lain, goreng kentang yang sudah diiris tipis-tipis. Goreng secara garing ayam hingga berwarna kecokelatan, lalu suwir ayam kecil-kecil. Taruh nasi atau lontong ke dalam mangkuk. Beri taburan kubis, tauge, kentang goreng dan soun. Tambahkan satu irisan tomat, telur, dan daging ayam. Tuangkan kuah soto secukupnya ke dalam mangkuk. Taburi bawang goreng dan taruh irisan jeruk nipis di atasnya.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar