oleh

Pasien Terbaru Positif Covid-19 di Bangkalan Jalani Tiga Kali Swab PCR

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura kembali bertambah satu orang.

Total secara kumulatif menjadi 30 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan peta sebaran terbaru yang dirilis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 di covid19.bangkalankab.go.id, 23 Mei 2020 pukul 20.00 WIB, pasien terkonfirmasi Covid-19 terbaru adalah berasal dari Kecamatan Socah.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Sugianto Zein membenarkan hal itu. Ia mengungkapkan, pasien terbaru berasal dari Desa Jaddih Utara, Kecamatan Socah.

“Inisial N (26) asal Jaddih Utara, Kecamatan Socah,” katanya, Sabtu (23/5/2020) malam.

Pasien N dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction) ketiga keluar. Sebelumnya, hasil swab PCR pertama dan kedua menyatakan pasien N negatif Covid-19.

“Tapi swab PCR ketiga hasilnya positif Covid-19,” jelas Agus.

Berdasarkan riwayatnya, pasien N mengeluhkan gejala pertamanya pada 18 April, yaitu sakit batuk, panas dan sesak nafas. N memutuskan untuk periksa ke bidan.

Sampai 10 hari, kondisi pasien N belum membaik. Ia pun periksa ke dokter dengan keluhan yang sama, dan kemudian disarankan untuk melakukan rapid test ke RSUD Syamrabu.

“Akhirnya dilakukan rapid test, menunjukkan hasil yang reaktif dan langsung segera dilakukan swab PCR,” terang Agus.

Hasil swab PCR pertama keluar pada 3 Mei 2020, dinyatakan negatif Covid-19. Keudian, tanggal 17 Mei 2020 dilakukan tes swab PCR kedua. “Setelah keluar hasilnya, dinyatakan negatif Covid-19 juga,” ungkap pria yang juga menjabat Kepala Diskominfo Bangkalan itu.

Namun, setelah gejala berkepanjangan dan telah melalui dua kali swab PCR test dengan hasil negatif Covid-19, pasien N masih mengalami gejala sakit yang sama, sehingga pada 8 Mei 2020 dilakukan tes swab PCR ketiga.

“Sambil menunggu hasil swab PCR ketiga itu, pasien N melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” terang Agus.

Agus mengaku, hasil swab PCR test ketiga akhirnya keluar, Sabtu (23/5/2020) dan menunjukkan positif Covid-19. “Hasil swab PCR ketiga baru keluar tadi, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Lisa Mana L

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.