Resep Tuna Asap Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Avatar of PortalMadura.com
Resep-Tuna-Asap-Kuah-Pedas-yang-Menggugah-Selera
Ilustrasi (rafiqdzakiblogspot.com)

PortalMadura.Com – Suka dengan ikan yang diasap tapi bingung mengolahnya?. Tenang saja, kali ini ada rekomendasi menu yang bisa Anda coba sendiri di rumah seperti tuna asap kuah pedas.

Sebenarnya, ikan asap bisa dibuat dari segala jenis ikan. Tapi ikan tuna menjadi idola yang kali ini tidak bisa ditinggalkan untuk dicoba. Apalagi sensasi pedasnya itu yang juga bikin menambah nafsu makan.

Mau tahu bagaimana rasanya?. Yuk coba bikin dengan mengikuti resep berikut sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/1/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

2 ekor ikan tuna asap

Bumbu

4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
6 cabai rawit
3 cabai merah
1 biji kemiri
3 cm kunyit
Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya
400 ml santan
400 ml air
3 daun salam
4 cm lengkuas
Belimbung wuluh secukupnya

Cara Membuat

Cuci ikan tuna asap terlebih dahulu, kemudian goreng sebentar dan tiriskan. Potong menjadi dua bagian setiap ekor ikan. Lalu, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, cabai rawit dan cabai merah.

Kemudian, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Tumis hingga tercium aroma harum. Setelah itu, masukan air dan daun salam. Masak hingga mendidih.

Setelah itu, masukan ikan, santan kelapa, masukan pula garam, penyedap rasa, garam dan blimbing wuluh yang sudah dipotong-potong. Masak hingga mendidih dan kuah sedikit menyusut. Lalu, matikan kompor dan sajikan selagi masih hangat. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.