oleh

Resep Udang Goreng Saus Mentega yang Gurih dan Lezat

PortalMadura.Com – Udang merupakan salah satu jenis seafood yang memiliki rasa super lezat. Selain sangat lezat, seafood yang satu ini memiliki protein dan nutrisi lain yang tinggi bagi tubuh. Tidak heran, jika banyak rumah makan yang menyajikan udang sebagai menu utama.

Apalagi jika udang dimasak dengan cara digoreng dan dibumbui dengan bumbu yang gurih, tentu semakin banyak peminatnya. Nah, berbicara masakan udang, ada satu resep masakan yang super lezat, yaitu udang goreng saus mentega.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

250 gram udang (pilih yang lumayan besar dan masih segar)
1 buah jeruk nipis (peras airnya)
Kecap manis (secukupnya)
Saus tomat (secukupnya)
Saus sambal atau cabai (secukupnya)
Kecap asin (secukupnya)
Merica bubuk (secukupnya)
Kaldu bubuk (secukupnya)
Garam (secukupnya)
60 gram mentega atau margarin
Air (secukupnya)

Bumbu Cincang Halus:

1 buah bawang bombay
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Cara Membuat Udang Goreng Saus Mentega:

Bersihkan udang dan kupas kulit serta buang kepalanya. Lumuri dengan air jeruk nipis kira-kira selama 10 menit agar tidak amis lalu tiriskan. Kemudian, panaskan mentega lalu tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Setelah itu, tambahkan garam, kecap asin, merica bubuk dan gula secukupnya. Lalu, masukan udang. Tumis hingga daging udang setengah matang, kemudian tambahkan sedikit air. Masak hingga beberapa saat sampai udang benar-benar matang.

Selanjutnya, tambahkan kecap manis, saus tomat, saus sambal atau cabai dan kaldu bubuk. Aduk-aduk sampai rata, lalu masak beberapa saat. Jika dirasa bumbu sudah meresap, angkat lalu sajikan di piring saji. Udang goreng saus mentega siap dinikmati bersama nasi hangat. (vemale.com/Salimah)


Komentar