oleh

Bunda, Ajarkan 7 Tips Ini Pada Anak Agar Pandai Bersyukur

PortalMadura.Com – Keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik pada anak khususnya di momen-momen tertentu seperti hari raya, ulang tahun dan lain sebagainya bukannya tidak boleh. Tapi biasakan anak untuk lebih belajar mensyukuri hal-hal baik yang mereka punya dan rasakan.

Karena anak yang suka bersyukur akan terhindar dari sifat manja. Disebabkan hal itu, sebagai orang tua sudah kewajiban untuk mengajarkan si kecil tentang bersyukur. Lantas bagaimana caranya:

Berikut penjelasannya:

Contohkan
Anak-anak akan lebih mudah mengerti bila melihat contoh dari orangtuanya. Berikan contoh untuk bersyukur dengan berterima kasih kepada orang-orang yang memberikan sesuatu kepada Anda. Ajak anak untuk berbagi dengan orang lain. Biarkan si kecil melihat Anda juga berbagi dengan orang lain.

Masukkan Dalam Permainan
Saat sedang berkumpul, cobalah bermain ucapkan rasa syukur. Setiap orang dalam keluarga diminta untuk mengungkapkan hal-hal yang disyukuri selama seminggu, misalnya. Atau bergantian memulai kalimat dari huruf alfabet, kalimatnya harus berisi rasa syukur. Dengan begini, Anda mengajar anak untuk bersyukur dengan cara yang tidak terlalu serius.

Fokus Pada Hal yang Membuat Anda Bersyukur
hal yang baik untuk bersyukur atas hari yang indah, tetapi akan lebih bermakna bila Anda katakan bersyukur atas matahari yang bersinar terang karena hal itu membuat Anda bahagia.

Ucapkan syukur pada sesuatu atau seseorang yang membuat Anda merasakan kebahagiaan atau merasa hidup.

Jangan Hanya Bersyukur Untuk Hal-hal Baik Dalam Hidup
Jangan lupa untuk ajarkan anak melihat hikmah atas kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan sekalipun. Misal, bersyukur tidak ada yang celaka saat mobil yang berisi seluruh keluarga mengalami kecelakaan ringan. Bersyukur atas hujan karena memberi kehidupan bagi bumi dan membantu pertumbuhan makanan.

Mulai dengan Sederhana
Kenalkan anak dengan rasa bersyukur, dalam arti membantu meluaskan cara mereka berpikir dan memandang sesuatu bisa dimulai dengan mengajar mereka mengucap kata “terima kasih” untuk hal-hal baik yang diberikan orang lain pada mereka. Bisa pula dengan berdoa bersama sebelum makan. Katakan secara spesifik hal-hal yang Anda syukuri, misal, atas para petani yang bekerja keras untuk membantu menghadirkan makanan di meja makan tersebut, dan sebagainya.

Buat Daftar
Tuliskan hal-hal yang Anda syukuri, atau buat gambar bersama si kecil. Hal-hal semacam ini bisa menjadi terapi untuk yang mudah sedih. Selain itu, menggambar bersama anak juga melatih daya seninya.

Bantu Orang Lain
Ada hal lain yang lebih jelas dan gamblang dalam mengajarkan rasa bersyukur pada anak-anak, yakni dengan terlibat dalam upaya amal kepada orang-orang yang membutuhkan. Misal, ikut dalam kegiatan amal ke panti-panti tertentu yang benar-benar membutuhkan. Hal-hal semacam ini bisa membuka mata seseorang. (beritasatu.com/Desy)


Komentar