Resep Wingko Babat yang Empuk dan Legit

Avatar of PortalMadura.com
Resep Wingko Babat yang Empuk dan Legit
Ilustrasi (sajiansedap.grid.id)

PortalMadura.Com populer sebagai oleh-oleh lezat khas Semarang. Adonannya yang menggunakan kelapa parut ini menjadi ciri khas tersendiri. Rasanya yang gurih dengan sensasi matang dan mungkin agak sedikit gosong, membuat lidah kita jadi ingin nambah lagi.

Tidak perlu mengeluarkan banyak rupiah, jajanan pasar yang satu ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Bahan yang mudah didapatkan, masakan kali ini bisa dengan mudah Anda buat. Dilansir dari laman Cookpad.Com, Sabtu (3/10/2020) berikut resep wingko babat:

Resep Wingko Babat

Bahan-bahan:

  • 250 gram kelapa parut
  • 250 gram tepung ketan
  • 150 ml santan
  • 100 gram gula pasir (boleh lebih jika suka manis)
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm mentega/margarin

Cara membuat:

Pertama, kukus kelapa sebentar kurang lebih 5 menit agar wingko tidak cepat basi dan tengik. Kemudian, campur semua bahan jadi 1. Aduk-aduk sampai rata dan bisa dipulung. Lalu bulatkan sesuai selera. Setelah itu, panaskan wajan, tidak perlu minyak karena adonan sudah mengandung mentega.

Masukkan bulatan adonan, tekan dengan bagian belakang sendok supaya agak pipih. Ketebalan sesuai selera. Kalau tebal, dalamnya chewy. Kalau tipis, tekstur jadi crunchy. Panggang dengan teflon sampai berwarna kecokelatan. Gunakan api kecil supaya bagian dalam wingko matang. Angkat dan makan selagi hangat. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.