oleh

Cara Memijat Bayi yang Benar dan Aman

PortalMadura.Com – Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijat, Anda dapat mengajak nya berbicara atau bernyanyi agar dia lebih menikmati masa-masa berdua dengan Anda.

Pijatan hangat dari tangan Anda dapat memberi banyak manfaat untuk bayi. Tapi sebelum melakukan pijat bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pijatan Anda tidak menyakiti tubuh mungil nya. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Sabtu (3/10/2020) berikut cara memijat bayi yang benar dan aman.

Persiapan

Sebelum memijat bayi, Anda harus menyiapkan ruangan dengan suhu yang hangat kira-kira 24 derajat Celcius. Usahakan suasana di ruangan tetap tenang dan nyaman untuk bayi.

Selanjutnya, siapkan semua peralatan yang diperlukan dalam memijat bayi seperti handuk, minyak untuk memijat (baby oil atau minyak zaitun), pakaian bersih, popok, dan alas bayi seperti kain bedong atau perlak.

Sebelum melakukan pijatan pada bayi, pastikan mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu. Setelah semuanya siap, baru Anda bisa memijat bayi dengan tenang.

Kaki

Mulai dengan memijat bagian tungkai, yaitu pangkal paha hingga ke bawah. Bagian ini bagus untuk memulai pijatan karena dianggap kurang sensitif. Pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis.

Setelah itu, Anda bisa mulai memijat punggung kaki bayi dengan gerakan memutar. Anda dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari saat memijat area ini, lakukan gerakan memutar untuk memijat.

Cara memijat bayi yang benar pada bagian kaki yang terakhir dilakukan dengan memijat jari-jemari bayi. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

Lengan

Setelah memijat bagian kaki, Anda bisa melanjutkan ke bagian lengan dan tangan. Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampai nya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali. Lalu pijat telapak tangan bayi memakai ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemari bayi.

Dada

Selanjutnya, letakkan kedua tangan Anda di atas dada bayi. Lalu pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut dada nya menggunakan telapak tangan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Kemudian, letakkan satu tangan Anda di bagian atas dada bayi, lalu pijat lembut ke arah paha. Lakukan cara memijat bayi yang benar ini dengan tenang dan hati-hati.

Punggung

Terakhir pijat di bagian punggung. Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang, dari leher hingga bokong, memakai ujung jari Anda. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya.

Setelah selesai, Anda bisa memakaikan popok dan baju, serta memeluk nya. Anda juga bisa melanjutkan dengan memberi bayi makan. Usai dipijat, bayi mungkin akan terlelap dengan cepat.

Komentar