Ribuan Petani di Pamekasan Tak Punya Kartu Tani

Avatar of PortalMadura.com
Hingga Akhir 2020, Ribuan Petani di Pamekasan Belum Miliki Kartu Tani
Kartu Tani

PortalMadura.Com, Ribuan petani di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang belum memiliki kartu tani sebagaimana aturan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Kasi Pupuk, Pestisida, Alat dan Mesin Pertandingan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Pamekasan, R. Deddy Dwi Yudha Bakti mengungkapkan, terdapat sekitar 1000 petani yang tidak mempunyai kartu tani dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah NIK petani yang disetor oleh kelompok tani (poktan) tidak valid.

“Sehingga kalau diinput datanya otomatis tidak bisa dan menolak. Meskipun hanya kurang satu tetap invalid, tidak bisa input, ” katanya, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Terbaik 2018, PT 1001 Alami Bersaing dengan Perusahaan Rokok Nasional

Dikatakan, terhadap NIK yang tidak valid itu pihaknya telah mengembalikan kepada masing-masing poktan agar segera diperbaiki. Karena kartu tani ini salah satu fungsinya adalah mempermudah jatah pupuk, sehingga poktan harus benar-benar serius mengajukan apa yang telah menjadi persyaratan.

“Kami juga menginginkan agar pupuk mudah didapat oleh petani, bagi petani yang tidak memiliki kartu tani juga bisa mendapatkan pupuk asalkan bergabung dengan poktan secara kolektif, ” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.