Ribuan TKI Asal Madura di Arab Saudi Bermasalah

Avatar of PortalMadura.Com
Ribuan TKI Asal Madura di Arab Saudi Bermasalah
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Sekitar 58 ribu Tenaga Kerja Indonesia () asal Pulau Madura yang bekerja di saat ini masih tersandung masalah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Sampang, Malik Amrullah melalui Kabid Tenaga Kerja Dinsosnakertrans setempat Bisrul Hafi, usai melakukan kunjungan ke tanah suci beberapa waktu lalu.

Informasi yang diterima Dinsosnakertrans Sampang dari Konsulat Jendral (Konjen) Arab Saudi di Jiddah, terdapat 116 ribu TKI di Arab Saudi saat ini tersangkut masalah, diantaranya TKI asal Kabupaten Sampang.

“Separuh dari jumlah banyaknya TKI yang bermasalah itu asal Pulau Madura,” katanya, Sabtu (r0/4/2016).

Sayangnya, pihak Dinsosnakertrans belum bisa memberikan penjelasan secara detail terkait jumlah TKI asal Kabupaten Sampang yang bermasalah di Arab Saudi.

“Kalau detailnya kita tidak bisa memastikan, yang jelas untuk Sampang saja sudah mencapai ribuan,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihak Komjen Arab Saudi di Jiddah bakal menutup jasa Travel Umroh dari empat Kabupaten di Madura, hal itu disebabkan banyaknya jamaah umroh yang bermukim di Arab Saudi dan menjadi TKI ilegal.

“Modusnya umroh, semua TKI ilegal memakai visa Umroh bukan visa kerja, makanya ada sebuah rencana menyetop visa umroh dari Indonesia, termasuk dari Madura. ” katanya melalui sambungan seluler.

Jika hal tersebut dilakukan oleh Konjen Arab Saudi, lanjut Bisrul, maka pemerintah Indonesia secara otomatis bakal mencabut izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).(lora/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.