oleh

Robot Otonom ‘You Bot’ Karya Alumnus UTM Raih Juara di Jerman & Australia

PortalMadura.Com, Bangkalan – Mohammad Wasil, alumnus Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berhasil membuat rakitan robot otonom industri yang diberi nama ‘You Bot’.

Lelaki yang akrab disapa Wasil itu menjadi salah satu bagian dari tim riset untuk pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) yang mengembangkan robot otonom industri.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dalam video Youtube berdurasi 3 menit 41 detik yang diunggah DWKampus pada 20 Mei 2020, Wasil menjelaskan You Bot menggunakan kamera untuk merekam objek secara 2 dimensi maupun 3 dimensi dalam mengumpulkan datanya.

“Data itu digunakan untuk mengidentifikasi objek di sekitarnya, untuk mengenali nama dan posisi objek itu,” terang pria yang fokus studi pada riset robot perception di Perguruan Tinggi Hochschule Bonn Rhein Sieg, Jerman itu.

Robot perception, kata Wasil, adalah kemampuan bagaimana robot melihat dan menginterpretasi lingkungan di sekitarnya.

“Interpretasi di sini maksudnya, robot ini bisa mengidentifikasi dan mengenali objek-objek di sekitarnya,” ungkapnya.

You Bot, dikatakan bisa digunakan untuk keperluan industri manufaktur maupun sektor pertanian, serta dapat dimanfaatkan untuk autonomous driving car guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

You Bot karya Wasil dan timnya, telah meraih beberapa penghargaan bergengsi di level internasional, seperti 1st winner pada Robocup German Open 2019 di Magdeburg dan Robocup Industrial Artwork Competition 2019 di Sydney, Australia.

Terakhir, sebagai warga Indonesia, lelaki yang sejak studi di UTM menggemari bidang robotika itu mengharapkan lahirnya peneliti-peneliti Indonesia di bidang AI.

“Harapannya banyak peneliti di bidang AI asal Indonesia,” ungkapnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar