oleh

Rute Penerbangan Sumenep-Surabaya Sepi Penumpang

PortalMadura.Com, Sumenep – Rute penerbangan perintis Sumenep – Surabaya dan sebaliknya dari Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur terhitung sepi. Pasalnya, sesuai hasil evaluasi, penumpang hanya kisaran 40-50 penumpang setiap penerbangan.

“Sesuai data kami, jumlah penumpang dari Sumenep – Surabaya dan sebaliknnya tahun 2016 kisarannya hanya 40-50 persen,” ungkap Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (24/3/2016).

Sedangkan di tiga rute keperintisan lain, seperti Surabaya – Bawean, Surabaya – Karimunjawa, dan Karimunjawa – Semarang. Setiap keberangkatan pesawat, kursi penumpang selalu terisi penuh.

“Rute Surabaya – Bawean rata-rata jumlah penumpangnya 100 persen. Bahkan pernah 125 persen. Untuk Surabaya – Karimunjawa, dan Karimunjawa – Semarang, rata-rata 80 persen,” terangnya.

Ia menerangkan, sejak bulan Mei 2015, Bandara Trunojoyo menjadi salah satu bandara di Jawa Timur yang menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis. Operator penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep mulai Januari 2016 adalah PT Airfast Indonesia, dengan pesawat berkapasitas 15 penumpang.

Jadwal penerbangan perintis melalui Bandara Trunojoyo dengan rute Sumenep – Surabaya adalah hari Selasa dan Kamis, pukul 08.30 WIB dengan harga tiket Rp 249.700. Kemudian Surabaya – Sumenep pada Rabu dan Jumat pukul 10.50 WIB dengan harga tiket Rp 307.700. (arifin/choir)


Komentar