Rutin Baca 3 Doa Ini, Insya Allah Meninggal Khusnul Khatimah

Avatar of PortalMadura.com
Rutinlah Baca 3 Doa Ini, Insya Allah Meninggal Husnul Khatimah
Ilustrasi (Manaberita.com)

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, setiap manusia yang ada di muka bumi ini tidak ada yang tahu kapan ia akan menghembuskan napas terakhirnya. Karena kematian hanya Allah yang tahu dan juga menjadi rahasianya.

Berbicara tentang kematian, tentunya semua umat Muslim menginginkan bisa meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Sebab, dengan begitu, perjalanan menuju akhirat akan dipermudah. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Islam untuk mendapatkannya. Misalnya,
dengan memperbanyak amal saleh dan menjauhi laranganNya.

Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (28/9/2019) yang dikutip dari Okezone.com, Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, tidak ada satu pun yang mengetahui cara menghadapi kematian karena sudah jadi rahasia Allah. Walaupun demikian, ada doa yang bisa dipanjatkan agar meninggal khusnul khatimah.

Ustadz Asroni menjelaskan, jika dilihat dalam kitab Nashaihul Ibad yang ditulis oleh Syekh Nawawi Al-Bantani, dia mengajarkan amalan atau wiridan untuk mendapatkan khusnul khatimah.

Apa saja doanya?. Ada tiga doa yang bisa dibacakan setiap hari, berikut penjelasannya:

Doa Pertama

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya”.

Doa Kedua

Selain doa di atas, doa kedua agar meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, yakni secara spesifik ditentukan waktu membacanya, setiap pertengahan antara salat sunah sebelum subuh dan salat fardu subuh.

Doanya yaitu:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اسْتُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اجْبُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ أَصْلِحْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ عَافِ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ احْفَظْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد رَحْمَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَغْفِرَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فَرْجًا عَاجِلًا يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ .

Artinya: “Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, tamballah (kekurangan) umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, perbaikilah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, sehatkanlah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, peliharalah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Muhammad dengan rahmat yang menyeluruh. Wahai Tuhan semesta alam. Ya Allah, berilah pengampunan yang menyeluruh, Wahai Tuhan semesta alam. Ya Allah, lapangkanlah umat baginda kami Muhammad dengan kelapangan yang segerah, wahai Tuhan semesta alam”.

Doa Ketiga

Doa yang ketiga ini bisa dibaca rutin tanpa waktu yang khusus. Adapun bacaan doanya yaitu:

يَارَبَّ كُلِّ شَيْءٍ بِقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ اِغْفِرْلِيْ كُلَّ شَيْءٍ وَلَا تَسْأَلَنِيْ عَنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَا تُحَاسِبْنِيْ فِى كُلِّ شَيْءٍ وَأَعْطِنِيْ كُلَّ شَيْءٍ

Artinya: “Wahai Tuhan segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu, ampunilah seluruh dosaku. Janganlah Engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu. Janganlah Engkau menghisabku mengenai segala sesuatu, dan berilah aku segala sesuatu”.

Baca Juga : Rutinlah Baca Doa Ini Agar Wafat dalam Keadaan Khusnul Khotimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.