Rutin Konsumsi Jambu bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Rutin Konsumsi Jambu bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah
ILustrasi

PortalMadura.Com – Suatu hal yang penting bagi seseorang menjaga agar tetap dalam angka yang tepat. Salah satu cara paling penting dalam menjaga kadar gula yang tepat adalah melalui makanan yang Anda konsumsi.

Jenis makanan ini memegang peran sangat penting dalam menjaga kadar glukosa. Hal ini secara langsung bisa membantu tubuh menghindari sejumlah masalah kesehatan serta komplikasi.

Jambu merupakan salah satu buah yang ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penderita diabetes. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui juga kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah tersebut agar memperoleh manfaat positifnya.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, manfaat kesehatan dari jambu diketahui efektif mencegah peningkatan gula darah secara mendadak. Mengonsumsi jambu ketika sarapan membuat tubuh bisa menyerap nutrisi di dalamnya dengan lebih optimal.

Pada penelitian yang telah dilakukan, konsumsi ekstrak jambu secara rutin diketahui efektif meningkatkan kesehatan gula darah. Dalam jangka panjang, konsumsi buah ini juga mampu mengontrol kadar gula darah serta resistensi insulin.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 19 orang juga mengetahui bahwa teh daun jambu bisa menurunkan tingkat gula darah setelah makan. Manfaat kesehatan dari teh ini bisa bertahan hingga dua jam. Penelitian lain juga menganalisis efek dari teh daun jambu ini pada 20 orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Diketahui bahwa konsumsi buah ini membantu menurunkan kadar gula darah partisipan hingga lebih dari 10 persen dan juga bermanfaat untuk orang yang berusaha menurunkan berat badan. Jambu merupakan sumber serat yang sangat baik dan hanya mengandung 37 kalori.

Baca Juga: Operasi Zebra 2019, Polisi Bangkalan Tindak 655 Pengendara

Manfaat untuk menjaga berat badan sehat ini sangat penting karena kegemukan dan obesitas telah lama dihubungkan dengan tingginya risiko diabetes tipe 2.

National Health Service (NHS) Inggris mengungkap bahwa menggabungkan pola makan sehat dengan buah serta menurunkan berat badan bisa meningkatkan kondisi seseorang yang memiliki diabetes. Aktif secara fisik juga dapat meningkatkan manfaat ini.

“Anda bisa beraktivitas di manapun asal tidak sampai Anda kehabisan napas. Anda bisa berjalan cepat, naik tangga, serta melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, atau berkebun,” sambungnya.

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.