Memukau! Madura Eksotik Carnival Promosikan Potensi Lokal

Memukau! Madura Eksotik Carnival Promosikan Potenai Lokal
Fashion batik khas Pamekasan di Taman Aspirasi Rakyat Jalan Raya Kabupaten (Foto: Marzukiy)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pelaksanaan kegiatan Madura Eksotik Carnival dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, ke 489 yang ditempatkan di Taman Aspirasi Rakyat Jalan Raya Kabupaten berjalan fantastis, Jumat (25/10/2019) malam.

Acara yang menampilkan kekayaan dan budaya lokal berupa fashion batik khas Pamekasan, sape sonok dan tari tradisional khas Pamekasan lainnya tersebut dihadiri oleh kedutaan besar Indonesia untuk Tanzani dan perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI.

Adapun batik khas Pamekasan yang ditampilkan dalam fashion tersebut salah satunya adalah batik tulis asli Desa Larangan Badung dan batik Podhak yang mampu menyedot mata pengunjung dan undangan.

Bahkan, perwakilan Dubes Indonesia untuk Tanzania serta perwakilan Kementerian Perdagangan melihat langsung kualitas batik khas bumi Gerbang Salam tersebut.

“Ini merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Pamekasan untuk menampilkan potensi lokal kita agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun Internasional, sesuai dengan iktikad pemerintah kabupaten,” ujar Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, dalam sambutannya.

Baca Juga:  4 Keistimewaan Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Dikatakan, pihaknya senantiasa berikhtiar untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Pamekasan melalui program yang dicanangkan. Tujuannya adalah untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Misalnya kegiatan “Madura Eksotik Carnival” yang dengan sendirinya mempromosikan batik tulis dan potensi lainnya.

Tagline Pamekasan Hebat itu bukan sebatas istilah saja, tapi menjadi pelecut kita untuk bekerja maksimal agar semuanya menjadi hebat. Untuk menjadikan Pamekasan ini luar biasa, tentu harus kerjanya tidak biasa-biasa saja,” tandasnya.

Kegiatan yang dihadiri seniman dan budayawan ini menampilkan tiga pasang sape sono’ yang diiringi musik saronen. Saronen merupakan musik yang biasa menjadi pengiring kontes kecantikan sapi di Madura, termasuk pula saat mengiringi Sape Kerrab.

“Karena pada kegiatan ‘Madura Eksotik’ ini, kami ingin mempromosikan potensi batik tulis yang merupakan kerajinan warga Pamekasan dengan menggunakan media seni budaya Madura,” terang Kepala Bidang Pariwisata Disparibud Pamekasan, Halifaturrahman.

Baca Juga:  Dalam Islam, Ini 3 Jenis Nafkah Suami Terhadap Istri

Selain itu, pementasan seni budaya Madura ini sebagai bagian dari upaya merawat tradisi dan budaya Madura dalam rangka menghidupkan ekonomi masyarakat melalui pendekatan budaya. Sehingga Pamekasan Hebat, Rajjha, Bajra ben Parjughe bisa tercapai.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.