Rutin Konsumsi Kurma, Rasakan Manfaat Bagi Kesehatan Anda!

Avatar of PortalMadura.Com
Rutin Konsumsi Kurma, Rasakan Manfaat Bagi Kesehatan Anda!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung hingga meningkatkan kesehatan otak. Camilan yang sangat populer selama bulan puasa ini menjadi teman setia sejak datang Maghrib hingga datang waktu imsak, waktu untuk berhenti makan minum di malam hari sekaligus menandai waktu memulai berpuasa.

Kurma, buah manis yang populer di bulan puasa ini memiliki manfaat yang beragam. Bahkan saat berbuka puasa, dianjurkan berbuka dengan sepotong kurma sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lainnya. Tradisi ini terjadi di semua warga muslim di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Kandungan kalsium, protein, dan vitamin C di dalamnya berperan penting bagi kesehatan. Lalu apa sih manfaat lainnya dari konsumsi kurma secara rutin?

Mengurangi risiko kanker usus
Saat sistem pencernaan dan usus bekerja baik, maka akan mengurangi risiko kanker usus besar. Bahkan sebuah studi membuktikan dengan konsumsi kurma secara teratur mampu meningkatkan kesehatan usus besar karena kurma mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

Meningkatkan energi
Rasa manis dari kurma didapat dari kandungan gula alami yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa yang akan mendongkrak energi dengan cepat sehingga akan menjaga kadar komponen dalam tubuh tetap tinggi.

Memperbaiki sistem pencernaan
Jika Anda mengalami sembelit maka serat adalah cara yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan tersebut. Konsumsi kurma secara tepat yakni 12 gram sehari akan memenuhi kebituhan serat sebanyak 48 persen sehingga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan secara lebih baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.