Rutin Konsumsi Mentimun, 6 Manfaat Sehat Ini akan Anda Dapatkan

Avatar of PortalMadura.com
Rutin Konsumsi Mentimun, 6 Manfaat Sehat Ini akan Anda Dapatkan
Ilustrasi (tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Salah satu sayuran yang biasanya sebagai makanan pendamping atau dijadikan minuman yaitu . Sayuran ini hampir selalu hadir pada makanan orang Indonesia. Rasanya yang segar dan berair itu mudah dijumpai di pasaran.

Tidak hanya enak, mentimun juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan yang tidak bisa diremehkan dan tidak boleh dihindari. Lantas, apa saja itu?.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi timun:

Anti-dehidrasi
Mentimun mengandung 95 persen air yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghilangkan racun. Selain itu, mentimun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Perawatan Kulit dan Rambut
Kulit mentimun dapat digunakan sebagai obat iritasi kulit. Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah atau mengurangi bengkak pada mata. Silikon dan sulfur yang dikandung oleh mentimun bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Melawan Kanker
Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan tersebut dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, rahim, dan prostat.

Meredakan Bau Mulut
Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah selama 30 detik. Phytochemcials dalam mentimun mampu membunuh bakteri mulut, yang menyebabkan bau mulut.

Mengobati Diabetes, Mengurangi Kolesterol, dan Mengontrol Tekanan Darah
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa, yang disebut sterol, dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah.

Baca Juga : Benarkah, Mengonsumsi Mentimun Bisa Turunkan Tekanan Darah? Ini Jawabannya!

Membantu Menurunkan Berat Badan dan Pencernaan
Mentimun dikenal sebagai makanan rendah kalori dan kaya air. Maka dari itu, mentimun adalah menu diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, mentimun juga dapat digunakan sebagai obat sembelit kronis.

Baca Juga : Menakjubkan, Ini Manfaat Minum Air Rendaman Mentimun Bagi Kesehatan

Beragam manfaat luar biasa tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi mentimun. Pastikan Anda mengonsumsinya secara teratur untuk memperoleh berbagai manfaat kesehatan tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.