oleh

Saat Macet Amalkan 5 Zikir Ini

PortalMadura.Com – Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya macet merupakan pemandangan sehari-hari. Disebabkan hal ini biasanya seseorang hanya duduk menunggu tanpa melakukan apapun.

Sebagai seorang muslim, saat macet sebaiknya digunakan untuk berzikir sehingga membuat hati tenang dan mendapat pahala dari Allah SWT. Lantas seperti apa bacaan zikir yang mudah diamalkan ketika macet?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (24/1/2020) dari laman okezone.com yang dikutip dari laman resmi Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarahAn- Nahdliyah. Berikut beberapa zikir yang cocok ketika terjebak macet:

Salawat

Lafalnya bisa beragam, diantaranya, Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad. Memperbanyak salawat akan membuat hati lebih tenang serta mendapat rahmat dari Allah SWT. “Siapa yang bersalawat padaku sekali, Allah akan curahkan rahmat sepuluh kali padanya”. (HR. Muslim).

Istighfar

Istighfar ialah ucapan astaghfirullah (Aku memohon ampun pada Allah). Dengan membaca istighfar, Muslim akan terhindar dari dosa dan pikiran negatif. Bacaan zikir ini juga memiliki keutamaan, salah satunya, Allah akan berikan jalan keluar atas permasalahan yang sedang dihadapi.

“Siapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikam kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka sangka”. (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim).

Kalimat Tauhid

Zikir dengan menyebut kalimat tauhid disebut Nabi Muhammad sebagai zikir yang paling utama. “Zikir yang paling utama adalah laa ilaha illa Allah (Tiada tuhan selain Allah)”. (HR. Tirmidzi).

Zikir ini mampu memperteguh keimanan dan menyucikan diri, serta mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga tidak ada yang jadi pegangan, tumpuan dan tujuan dalam hidup ini kecuali Allah SWT. Zikir tersebut juga akan membersihkan kotoran qalbu dan mengusir setan dalam hati.

Baca Juga: Istri Minta Cerai Mendominasi, Perselingkuhan ASN Ikut Mewarnai

Tasbih

Kalimat tasbih berbunyi subhanallah (Maha Suci Allah) merupakan bacaan zikir yang sangat disukai Allah. Manfaat zikir tersebut sangat banyak, di antaranya akan dicatat bagi Anda seribu kebaikan atau dihapusnya seribu kesalahan.

“Ketika itu kami bersama Rasulullah SAW, kemudian ia bersabda, ‘Mampukah kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan?’ seseorang bertanya dari tempat ia duduk, ‘Bagaimana bisa salah satu dari kami melakukan seribu kebaikan?’ Lalu Nabi menjawab, ‘Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim).

Tahmid

Zikir alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) bukan sekedar ungkapan saat mendapatkan kenikmatan. Tapi ucapan tersebut juga menjadi doa yang membuat seorang Muslim punya energi positif dan lebih bersyukur dengan apapun anugerah Allah SWT.

Dengan memperbanyak bersyukur, Allah akan menambah nikmat-Nya. Tahmid ini juga jadi doa yang terbaik yang bisa dibaca dalam kondisi apapun. “Doa yang paling utama adalah alhamdulillah”. (HR. Tarmidzi).

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE