Saat Marah, Hindari Mengucapkan Kata-Kata Ini Pada Si Kecil!

Avatar of PortalMadura.com
orangtuamarah
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tingkah laku anak-anak memang mengejutkan dan seringkali menguji kesabaran para orang tua.

Namun, Anda perlu berhati-hati pada setiap kata yang Anda ucapkan, terutama ketika Anda merasa sedikit terganggu dengan ulah si kecil. Sebisa mungkin kendalikan emosi Anda dan hindarilah mengucapkan kata-kata berikut ini kepada mereka:

“Dasar berengsek!”
Kalimat kasar yang sering diucapkan oleh orang dewasa yang sedang marah ini tidak patut ditujukan kepada seorang anak. Ketika seorang anak menerima kalimat ini dari orang tuanya, maka hal itu akan tertanam dalam benak mereka dan mereka akan belajar untuk semakin tidak menghormati Anda. Lebih parahnya lagi mereka akan meniru dan mengucapkan hal yang sama kepada orang lain.

“Ini semua salahmu!”
Anak-anak sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari kedua orang tuanya. Ketika mereka berbuat kesalahan itu adalah hal yang wajar, sebagai orang tuanya Anda tidak boleh menghancurkan rasa ingin tahunya. Anda juga tidak boleh menghancurkan rasa percaya dirinya dengan mengatakan, “Ini semua karena salahmu atau semua ini terjadi gara-gara kamu.”

“Kalau nggak mau …, nanti Mama …!”
Sangat tidak baik menegur si kecil dengan ancaman atau pilihan-pilihan yang keduanya tidak ia suka. Menurut sejumlah psikolog, ancaman dan hukuman fisik tidak akan membuat anak mengerti dan mengubah perilakunya menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Gunakan cara yang bersahabat untuk menghindarkan si kecil berbuat hal-hal negatif. Anda dan orang-orang terdekat juga sebaiknya memberi contoh nyata tentang mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan jelaskan sebab-akibat sesuatu dalam bahasa yang mudah ia pahami.

“Ayo cepet!”
Ketika Anda menyuruh si kecil untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat, terlebih dengan intonasi dan ekspresi yang sangat tidak sabar, ia akan merasa bersalah, sedih, dan cenderung memperlambat geraknya. Cukup beri si kecil motivasi dengan nada lembut.

“Dasar goblok!”
Seorang anak yang sering mendapatkan teguran semacam ini dari orang tuanya akan menjadi minder dan tidak memiliki percaya diri yang baik. Dia akan merasa bahwa dirinya memang tidak becus dalam mengerjakan sesuatu. Bila tetap diteruskan, tanpa Anda sadari Anda sendirilah yang telah menghancurkan masa depannya.

“Dasar kurang ajar!”
Kalimat ini hanya pantas ditujukan kepada seseorang yang telah melakukan perbuatan jahat seperti mencuri, membunuh, atau memperkosa, bukan untuk anak-anak yang sesungguhnya belum mampu memahami apa yang telah dia lakukan itu benar atau salah.

Baca Juga:  Hasil Sidang Isbat, Idul Adha Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

“Aku menyesal punya anak kamu!”
Jangan menjadi orang tua yang mudah emosi. Anakmu bisa jadi akan membalaskan rasa sakit hatinya ketika kamu memarahi mereka dan menyatakan bahwa kamu menyesal memiliki mereka.

Rasa sakit hati itu akan mereka pendam dan mungkin akan dilampiaskan kepada hal-hal yang buruk. Sebagai orang tua sebaiknya kamu mendukung apa yang anakmu ingin lakukan. Ketika itu buruk maka berikan masukan agar mereka mengerti.

Cara Anda mendidik mereka menentukan kualitas Anda sebagai orang tuanya, dan kesalahan Anda dalam mendidik merekalah yang justru dapat menghancurkan masa depannya.(keluarga.com/choir)

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.