Saatnya Aktifkan Fitur Kontrol Orang Tua di Google Play, Begini Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Saatnya-Aktifkan-Fitur-Kontrol-Orang-Tua-di-Google-Play,-Begini-Caranya
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, media sosial kini semakin menggandrungi semua kalangan. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun kesehariannya sudah dipenuhi dengan penggunaan Android. Akibatnya, aktivitas yang berlebihan membuat mereka lupa diri, kurang bersosialisasi, malas belajar dan sebagainya.

Nah, sebagai orang tua sudah seharusnya mengontrol aktivitas anak di dunia media sosial itu. Tidak perlu bingung, sekarang Android memungkinkan penggunanya untuk mengatur setelan Kontrol Orang tua atau di .

Lewat fitur ini, pengguna dapat membatasi konten apa saja yang dapat diunduh atau dibeli di Google Play dari perangkat tersebut berdasarkan tingkat kedewasaan.

Bagi Anda yang ingin tahu cara mengatur setelan Kontrol Orang tua pada Google Play di perangkat Android yang rutin digunakan oleh anak, simak rangkumannya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (30/3/2022) dari laman Liputan6.com:

1. Buka aplikasi Google Play.
2. Di kanan atas, tap ikon profil.
3. Ketuk pada Pengaturan/Settings.
4. Ketuk pada lalu Keluarga/Family.
5. Ketuk pada Parental controls/Kontrol orang tua.
6. Aktifkan Parental controls/Kontrol orang tua.

Buat PIN

Untuk memproteksi ini, buat PIN yang memungkinkan tidak diketahui oleh anak Anda. Pilih jenis konten yang ingin Anda filter. Lalu, pilih cara memfilter atau membatasi akses. Dengan cara itu, Anda sudah punya PIN Anda sendiri.

Catatan

Kontrol orang tua hanya berlaku pada perangkat Android yang Anda tambahkan fitur ini. Untuk mengaktifkan setelan Kontrol Orang Tua di perangkat lain, ulangi langkah-langkah di atas.

Jika Anda memiliki beberapa profil pengguna di satu perangkat, Anda pun dapat mengaktifkan fitur Kontrol Orang Tua yang berbeda untuk setiap profil. PIN diperlulkan untuk menghapus atau mengubah setelan Kontrol Orang Tua.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.