Sabtu, Panwaslu Kecamatan Batuputih Gelar Tes Wawancara PD, Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih
dok. Sekretariat Panwaslu Kecamatan Batuputih Sumenep
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Panwaslu Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura akan melaksanakan tes wawancara bagi 36 calon anggota Panwaslu Desa (PD) se-Kecamatan Batuputih, untuk Pilgub Jatim, Sabtu (13/1/2018).

Melalui kelompok kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Desa (PD) se-Kecamatan Batuputih mengagendakan, tes wawancara tersebut akan dimulai pukul 08.00-18.00 WIB. “Kita targetkan, tes wawancara itu selesai dalam sehari,” terang Ketua Pokja Pembentukan PD se-Kecamatan Batuputih, Sumenep, M. Ridwan, Kamis (11/1/2018).

Dijelaskan, kewenangan pembentukan PD tersebut berasaskan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Setiap calon anggota PD akan dicecar pertanyaan oleh tiga komisioner Panwaslu Kecamatan. Paling lama 30 menit setiap orang. Aturannya memang bagitu,” kata Ridwan.

Ia mengungkapkan, materi tes wawancara tentu tidak akan menyimpang dari wewenang dan tugas pokok dari seorang PD itu sendiri. Misalnya, penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, tugas dan wewenang Panwaslu Kelurahan/Desa, serta peraturan perundang-undangan mengenai pemilu.

Baca Juga:  KONI: Medali Emas Buat Bupati dan Masyarakat Sumenep

“Yang tidak kalah pentingnya adalah integritas diri, komitmen dan motivasi, kemampuan kepemimpinan, kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi serta pengetahuan muatan lokal,” urai Ridwan merujuk pada aturan yang ada.

Hal lain yang akan dilakukan yakni mengklarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat bagi calon anggota PD. “Untuk klarifikasi ini, kalau misalnya ada tanggapan dari masyarakat bagi yang bersangkutan,” ucapnya.

Pihaknya memastikan, kualitas seseorang itulah yang menjadi jaminan kelulusan bagi para calon Panwaslu Desa (PD). “Jadi, kami pastikan tidak ada unsur apapun atau istilah apapun yang bisa menjamin lulus atau tidak, tetapi tergantung pada kualitas diri mereka atau para calon anggota PD itu sendiri,” tegasnya.

Baca Juga:  Sumenep Tambah 2 Medali Emas dan 1 Perak

Ia juga mengingatkan agar calon anggota PD hendaknya mengenakan pakaian bebas rapi bersepatu, membawa ijasah dan e-KTP asli serta meterai yang 6 ribu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.