Sakit Punggung Sebelah Kiri? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.com
Sakit Punggung Sebelah Kiri? Kenali Penyebab dan Cara Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hal pertama yang mungkin ada dalam pikiran orang yang mengalami , yaitu bagaimana cara mengatasinya agar sembuh dengan cepat. Perlu diketahui, bahwa atau bagian lainnya, disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak aktivitas, otot tegang, cedera otot, osteoarthritis, dan lain sebagainya.

Biasanya, ketika punggung terasa sakit berbagai macam gejala dirasakan, seperti rasa sakit yang menusuk, dapat disertai kesemutan, rasa perih, atau sakit yang memancar dari punggung ke bokong, paha, hingga ke bagian kaki. Rasa sakit bisa terasa intens atau kuat dan tidak terlalu lama, atau pada tingkat nyeri yang kurang intensif tapi bertahan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Awalnya, sakit punggung dimulai dengan sakit biasa dan kemudian berkembang menjadi sakit yang luar biasa, dan menjadi masalah jangka panjang. Terutama bagi Anda yang terlalu aktif melakukan segala hal, seperti aktivitas sehari-hari, olahraga yang memerlukan tenaga ekstra, dan kegiatan berat lainnya secara berlebihan, ternyata dapat membuat punggung Anda kesakitan.

Beberapa hal yang dapat terjadi misalnya punggung keseleo atau punggung menjadi tegang, yang dapat menyebabkan punggung Anda terasa sakit. Tidak hanya punggung saja, kaki dan paha Anda juga dapat merasakan sakitnya.

Karena itu, menunjukkan dengan tepat lokasi sakit punggung yang Anda alami, ternyata dapat membantu mengatasi penyebabnya. Sebab, berbagai jenis rasa sakit dapat memengaruhi bagian punggung yang berbeda-beda. Dengan mengetahui lokasi yang sakit, maka dokter dapat memberikan perawatan yang benar dan tepat untuk kesembuhan Anda.

Nah, berikut ini empat penyebab sakit punggung sebelah kiri yang perlu Anda ketahui:

Punggung Tegang dan Keseleo
Keseleo atau tegang dapat memengaruhi bagian punggung mana pun. Anda bisa merasakan sakit punggung sebelah kiri, kanan, bagian atas, dan juga bawah. Jenis cedera ini biasanya menyebabkan rasa sakit yang semakin memburuk saat Anda bergerak. Adapun gejalanya meliputi kram otot, kesulitan beraktivitas seperti berdiri, berjalan, atau membungkuk.

Sciatica
Sciatica mengacu pada rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatik. Saraf ini bercabang di punggung bawah melewati pinggul, bokong, hingga kaki. Skiatika dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit yang ringan hingga ketidaknyamanan yang ekstrim, mati rasa, lemah otot, serta sensasi kesemutan di tungkai atau kaki. Duduk terlalu lama dan batuk atau bersin dapat membuat gejala skiatika memburuk.

Sakit Punggung Akut
Ini adalah rasa sakit jangka pendek yang biasanya disebabkan oleh beberapa jenis cedera pada bagian punggung. Selain itu, arthritis juga dapat menyebabkan sakit punggung akut. Gejala ini biasanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu.

Sakit Punggung Bagian Atas dan Tengah
Bagian punggung atas dan tengah memiliki 12 tulang belakang, diskus (bantalan penyangga saraf di dalam ruas tulang belakang), otot, dan ligamen. Tulang-tulang tersebut menempel pada tulang rusuk Anda. Mereka membentuk bagian terpanjang dari punggung.

Beberapa penyebab sakit ini adalah postur tubuh yang buruk misalnya kebiasaan membungkuk, terlalu berlebihan melakukan kegiatan, cedera otot, cedera ligamen, fraktur(patah tulang), dan lainnya. Adapun gejalanya seperti rasa sakit, nyeri seperti terbakar, ditusuk-tusuk, otot kaku, kelemahan pada lengan atau tungkai, mati rasa (di bagian kaki, lengan, atau paha), dan lainnya.

Sakit punggung pada bagian atas atau tengah juga dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kiri. Hal ini disebabkan rasa sakit yang menjalar sesuai dengan kerusakan pada saraf yang terkena.

Untuk itu, ketika Anda mengalami sakit punggung sebelah kiri atau lainnya, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran, seperti paracetamol dan obat anti-inflamasi non streoid (OAINS) dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan olahraga, terapi pijat, dan menggunakan kompres es maupun kompres hangat.

Kompres dingin (es) berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada area yang sakit, sedangkan kompres hangat atau panas bisa mengurangi sensasi kaku (merelaksasi otot) dan mengurangi rasa sakit. Berolahraga juga akan menurunkan rasa sakit, memperbaiki postur, dan menurunkan risiko mengalami cedera. Lakukan olahraga ringan dan santai.

Bila Anda merasakan sakit punggung sebelah kiri maupun bagian lainnya yang cukup parah, beristirahatlah. Jika Anda ingin memulai untuk beraktivitas kembali mulailah dengan perlahan-lahan. Selain istirahat, mencoba menghindari stres juga bisa membantu mengurangi rasa sakit punggung yang dialami.

Jika Anda telah mengonsumsi obat dan melakukan perawatan seperti yang telah dipaparkan di atas tapi sakit punggung sebelah kiri tidak membaik, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (alodokter.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.