oleh

Sampah Plastik dan Popok Bayi Ancam Keselamatan Warga Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Keberadaan sampah plastik dan popok bayi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dinilai mengancam keselamatan warga sekitar.

“Ketika tadi saya lihat, tumpukan sampah yang sangat banyak dapat membahayakan warga kalau musim hujan. Pasti berbau dan itu sangat bahaya,” kata anggota Komisi C DPRD Bangkalan, Musawwir, Kamis (5/12/2019) usai sidak.

Menurutnya, keberadaan sampah juga sempat dikeluhkan oleh warga sekitar menjelang musim hujan tahun ini. Ia pun berjanji akan menganggarkan untuk pengadaan alat berat di APBD 2020.

“Alat berat itu bernilai 1,3 miliar. Diperkiraan dapat terealisasi sekitar bulan 4 di tahun 2020. Ini menjadi perioritas karena TPA sudah overload,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, Hadari menjelaskan, alat berat yang dimiliki sudah rusak sejak dua pekan terakhir. “Alat berat itu sudah berumur 15 tahunan. Jadi, sudah layak kalau ada pengadaan alat berat yang baru,” katanya.

Solusi jangka pendek, pihaknya terpaksa sewa alat berat dengan rentang waktu tiga pekan. “Untuk meminimalisir timbunan sampah kami sewa alat berat per hari Rp 2,5 juta,” terangnya.(*)

Penulis : Imron
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE