Sampah Plastik dan Popok Bayi Ancam Keselamatan Warga Bangkalan

Avatar of PortalMadura.com
Sampah Plastik dan Popok Bayi Ancam Keselamatan Warga Bangkalan
Tumpukan sampah membubung di TPA Desa Buluh, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Foto. Imron)

PortalMadura.Com, – Keberadaan plastik dan popok bayi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dinilai mengancam keselamatan warga sekitar.

“Ketika tadi saya lihat, tumpukan sampah yang sangat banyak dapat membahayakan warga kalau musim hujan. Pasti berbau dan itu sangat bahaya,” kata anggota Komisi C DPRD Bangkalan, Musawwir, Kamis (5/12/2019) usai sidak.

Menurutnya, keberadaan sampah juga sempat dikeluhkan oleh warga sekitar menjelang musim hujan tahun ini. Ia pun berjanji akan menganggarkan untuk pengadaan alat berat di APBD 2020.

“Alat berat itu bernilai 1,3 miliar. Diperkiraan dapat terealisasi sekitar bulan 4 di tahun 2020. Ini menjadi perioritas karena TPA sudah overload,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, Hadari menjelaskan, alat berat yang dimiliki sudah rusak sejak dua pekan terakhir. “Alat berat itu sudah berumur 15 tahunan. Jadi, sudah layak kalau ada pengadaan alat berat yang baru,” katanya.

Solusi jangka pendek, pihaknya terpaksa sewa alat berat dengan rentang waktu tiga pekan. “Untuk meminimalisir timbunan sampah kami sewa alat berat per hari Rp 2,5 juta,” terangnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.