Sarbitol, Alternatif Pengganti Gula yang Rendah Kalori

Avatar of PortalMadura.com
Sarbitol, Alternatif Pengganti Gula yang Rendah Kalori
Ilustrasi (sehatq.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sorbitol adalah jenis pemanis golongan gula alkohol. Meski tergolong gula alkohol, pemanis ini sama sekali tidak mengandung senyawa alkohol etanol yang menyebabkan efek mabuk.

Kalori dalam sorbitol tergolong rendah dibandingkan dengan gula pasir, yaitu hanya sekitar 60% dari jumlah kalori yang ada di gula pasir. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (15/1/2021), tidak hanya sebagai pemanis, sorbitol juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan:

Memelihara Kesehatan Gigi

Tak seperti gula biasa yang dapat merusak gigi, sorbitol tidak menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung gigi atau email gigi, sehingga dapat mengurangi risiko pembentukan plak dan lubang di gigi.

Mengatasi Susah BAB

Sorbitol dapat memperbanyak penyerapan air di dalam usus, melembutkan tinja, dan merangsang pergerakan usus. Oleh karena itu, sorbitol kerap digunakan sebagai obat pencahar untuk mengobati susah buang air besar.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Menjaga Kadar Gula Darah

Sorbitol termasuk rendah kalori dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah dalam jumlah tinggi. Ini sebabnya sorbitol sering kali digunakan sebagai alternatif pengganti gula untuk penderita diabetes.


Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.