oleh

Ketahui Tanda-Tanda Tubuh Anda Jika Kurang Tidur

PortalMadura.Com – Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Rata-rata kebutuhan tidur orang setidaknya 7 sampai 8 jam perhari. Namun jam tidur akan berkurang jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda bergadang, ini yang akan menyebabkan Anda kurang tidur.

Apabila Anda kurang tidur maka otak akan mengirimkan sinyal sebelum kondisi ini berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Tubuh juga akan memberikan tanda-tanda lain dan Anda harus mengetahui hal ini. Dilansir dari laman Hellosehat.com berikut tanda-tanda tubuh Anda kurang tidur.

Mudah Lupa

Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan fungsi kognitif termasuk dalam proses belajar, berfikir, dan menyelesaikan masalah. Dengan tidur tubuh akan kembali berenergi dan otak juga ikut istirahat sehingga bisa kembali beraktifitas di pagi hari. Namun kurang tidur kan membuat Anda kesulitan belajar hingga akan mudah lupa.

Berat Badan Bertambah

Berat badan bertambah bisa dikarenakan kurang tidur. Saat tidur metabolisme bisa berfungsi dengan maksimal namun jika Anda kurang tidur maka metabolisme tubuh menurun. Bahkan bergadang hingga larut malam akan membuat Anda lapar dan makan di malam hari. Ini yang akan membuat berat badan Anda bertambah.

Lebih Mudah Sakit

Sitokin merupakan hormon yang keluar jika badan mendapat tidur yang cukup. Hormon ini akan membantu melindungi tubuh dari infeksi. Akibatnya jika Anda kurang tidur dapat membuat badan lebih mudah mengalami sakit.

Stres, Emosi, dan Depresi

Tubuh yang kurang tidur akan membuat seseorang mudah emosi . Bahkan sulit tidur bisa disebabkan karena depresi sementara kurang tidur dapat membuat Anda lebih mudah mengalami depreisi. Kedua hal ini saling berkaitan.

Kulit Menjadi Kusam dan Berjerawat

Regenerasi kulit juga terjadi di malam hari saat Anda tidur. Sehingga bila Anda kurang tidur regenerasi ini tidak bekerja optimal dan akibatnya kulit menjadi kusam dan berjerawat.

Gangguan Pada Mata

Dampak lainnya yang disebabkan karena kurang tidur adalah gangguan pada mata. Ganguan ini seperti mata merah, mata lelah, dan mata panda. Inilah dampak yang disebabkan jika Anda kurang tidur, maka dari itu atur pola tidur Anda agar tercukupi.

Rewrite : Lisa Mana L
sumber : Hellosehat.com

Komentar