oleh

Sayuran Penurun Kolesterol yang Wajib Anda Konsumsi

PortalMadura.Com – Kolesterol adalah lemak esensial yang bertugas membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Namun, kolesterol tinggi berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini bila dibiarkan, bisa memicu penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi, dianjurkan untuk mengatur pola makan sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi beragam jenis sayuran sebagai pilihan dalam mengurangi kadar kolesterol.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (18/1/2021), berikut sayuran penurun kolesterol yang wajib Anda konsumsi:

Bayam

Bayam dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Tomat

Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol.

Terong

Selain membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat. Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kolesterol.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar