oleh

Sebaiknya Jangan Pakai Petroleum Jelly untuk Perawatan Kulit, Ini Alasannya

PortalMadura.Com – Beberapa dekade terakhir, petroleum jelly
banyak dipakai dalam dunia perawatan kecantikan. Biasanya produk ini digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti pecah-pecah, ruam atau kering.

Petroleum jelly bisa dijumpai di supermarket atau minimarket. Tapi, apakah produk tersebut sungguh baik dipakai untuk perawatan?. Sebab, sebuah studi menunjukkan bahwa ternyata penggunaan petroleum jelly tidak sebaik yang diduga.

Berikut alasannya:

Petrolium Jelly Tidak untuk Memelihara Kulit
Meski dianggap sebagai obat, petroleum jelly tidak memberi segala nutrisi untuk kulit, karena tidak memiliki sifat penyembuhan. Jika kulit Anda tidak bersih atau tidak lembap, penggunaan petroleum jelly menjadi tidak efektif. Bahkan jika Anda menggunakan produk itu secara teratur, memungkinkan kulit tidak menghasilkan kelembapan alami.

Meski petroleum jelly bersifat oklusif, penggunaannya harus berbarengan dengan humektan. Sehingga air yang ditarik ke kulit dari udara bisa menghidrasi kulit dan melembutkan kulit.

Produk Sampingan
Jelly ini masih terus menjadi produk sampingan dari minyak. Saat disuling, akan diubah menjadi gel yang tidak berbau dan tidak berwarna. Secara tidak langsung, ketika menggunakan petroleum jelly, Anda mengoleskan produk sampingan dari minyak ke kulit.

Menciptakan Penghalang pada Kulit
Petroleum jelly telah digunakan untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah. Idealnya, gel tebal memerangkap uap air dalam kulit dengan menciptakan penghalang di atas kulit. Ini melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti air, bakteri, dan udara.

Namun, ia memiliki sisi negatif di mana petroleum jelly membentuk penghalang tebal yang membuat kulit tidak bernafas. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, lebih baik tidak menggunakan petroleum jelly.

Demikian beberapa info mengenai petroleum jelly. Kalau memang benar-benar sedang tidak dibutuhkan, sebaiknya tidak menggunakan produk ini. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)

Loading...