Sebelum Mendirikan Startup, Ini 5 Hal yang Harus Pemula Ketahui

Editor: Putri Kuzaifah
Sebelum-Mendirikan-Startup,-Ini-5-Hal-yang-Harus-Pemula-Ketahui
Ilustrasi (bangka.sonora.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Perkembangan teknologi yang kini semakin pesat memberikan dampak yang baik pada semua orang, termasuk lahirnya generasi muda yang berani mendirikan perusahaan rintisan atau startup.

Tapi mendirikan startup ini tidak semudah yang dibayangkan, apalagi masih pemula, tentu masih kebingungan harus berbuat apa dan bagaimana agar perusahaan tersebut bisa sukses. Hal yang harus diketahui adalah banyak hal yang bisa menjadi penentu kesuksesan atau kegagalan dalam setiap upaya mendirikan startup.

Misalnya mulai dari akses permodalan, sumber daya manusia, hingga model bisnis bisa jadi kunci menuju sukses atau gagal. Nah, untuk itu Managing Director OCBC NISP Ventura, Darryl Ratulangi memberikan sejumlah hal yang perlu diketahui pemula termasuk generasi muda dalam membangun sebuah startup.

Dilansir PortalMadura.Com, Senin (7/2/2022) dari laman Idntimes.com, berikut ulasan lengkapnya:

Tim yang Sesuai dan Solid

Ada pepatah yang mengatakan, “Jika kamu ingin pergi cepat, pergilah sendiri, tapi jika ingin pergi jauh, pergilah bersama.” Dari pepatah tersebut, Darryl mengungkapkan, sebuah startup harus dibangun dalam sebuah tim yang tepat agar visi dari startup itu sendiri dapat tersampaikan.

“Para pendiri startup juga harus memiliki visi misi yang sama dan berkomitmen dalam menjalankan bisnis ini. Para pendiri juga harus mengerti industri yang ingin dijelajahi dengan baik dan memiliki latar belakang yang relevan untuk industri start up tersebut,” ucap Darryl.

Baca Juga:  Sandiaga Uno di Sampang, Peningkatan Ekonomi Kreatif Perlu Digitalisasi

Jangan Mudah Puas dan Terus Beradaptasi

Pada dasarnya startup mengandalkan teknologi dan oleh karena itu, startup harus siap untuk beradaptasi dengan segala perubahan-perubahan yang terjadi sehingga tidak tertinggal zaman.

Terlebih, sambung Darryl, startup harus selalu mencari solusi terbaru yang semakin baik untuk masalah di industri yang jadi fokus bisnis mereka.

Carilah Investor yang Dapat Menaikkan Kelas Usaha Anda

Memperoleh dana venture capital tentulah hal yang baik untuk startup, tetapi tidak semua investor dapat memberikan keuntungan yang lebih bagi bisnis Anda.

Perusahaan venture capital yang baik dapat memberikan nilai tambahan yang sangat menguntungkan bagi startup, misalnya memberikan sinergi dengan relasi bisnisnya dan reputasi yang lebih baik untuk startup tersebut.

“OCBC NISP Ventura contohnya, perusahaan modal ventura milik Bank OCBC NISP, dapat memanfaatkan relasinya dengan institusi keuangan untuk membantu startup meminjamkan kredit kepada konsumen, melaksanakan transaksi, dan memberikan akses ke produk-produk bank lainnya,” kata Darryl.

Baca Juga:  Orang Tua, Begini 6 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Bagi Anak

Carilah Mentor yang Mengerti Industri Startup Anda

Dengan adanya mentor, startup dapat memperoleh opini eksternal yang dapat melihat keseluruhan startup secara objektif. Pelaku startup seringkali tidak sadar atas masalah yang dihadapi dan sering mengabaikan orang lain karena kepercayaan diri dan idealisme yang terlalu tinggi.

“Namun, dengan adanya seorang mentor yang dipercayai, pendiri startup dapat mendengarkan nasehat mentor tersebut yang pada umumnya mempunyai latar belakang yang baik di industri yang bersangkutan dan opini yang dapat dipercaya,” kata Darryl.

Buatlah Rencana dan Roadmap

Tanpa rencana, startup hanya akan membuang banyak waktu, uang, dan tenaga untuk hal-hal yang sebenarnya tidak akan membantu dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, para pendiri startup perlu menentukan roadmap, terdiri dari tujuan atau hasil yang diinginkan dan mencakup langkah-langkah utama yang diperlukan untuk mencapainya.

“Semua itu dilakukan agar startup tidak kehilangan arah dan dapat mencapai tujuannya sesuai dengan linimasa yang telah ditentukan,” kata Darryl.

Itu dia lima hal yang perlu diketahui pemula dalam mendirikan startup. Semoga bermanfaat.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.