oleh

Segudang Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Meski memiliki bentuk dan rasa yang unik, tapi nama buah matoa belum dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal buah dari berasal dari Papua ini memiliki Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan.

Buah dengan nama Pometia Pinnata memiliki bentuk yang mirip seperti kedondong akan tetapi berbeda dengan kedondong yang kulitnya menempel di daging buah, kulit  matoa ternyata mudah dikupas, seperti mengupas kulit buah kelengkeng. Rasanya yang khas membuat buah ini sangat lezat dan segar. Buah ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Buah matoa ternyata kaya akan vitamin C dan vitamin E yang baik untuk kesehatan. Adapun manfaat buah khas dari bumi papua ini yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Matoa kesehatan dan kecantikan
Manfaat Buah Matoa kesehatan dan kecantikan

Mengatasi Stres

Buah matoa memiliki beberapa kandungan yang berguna sebagai obat penenang alami. Salah satunya adalah vitamin E yang akan membantu untuk meringankan stres. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan mengonsumsinya saja Anda bisa mengurangi stres yang sedang dialami.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Vitamin C dalam buah matoa tentu sudah dipercaya dapat membantu mengurangi terkena penyakit jantung. Selain itu, bila pola makan Anda kurang sehat, Anda dapat menggunakan buah matoa sebagai makanan (buah) penyeimbang.

Menyehatkan Kulit

Beberapa produk kosmetik seringkali menggunakan vitamin E sebagai bahannya. Dan buahini banyak mengandung vitamin E, Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu menyehatkan kulit Anda. Selain itu, vitamin E yang Anda dapatkan adalah vitamin yang bersumber dari bahan alami.

Fungsinya bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput.

Mengurangi Resiko Kanker

Matoa kaya akan kandungan antioksidan, dan  akan membantu mencegah sel kanker yang tumbuh dan berasal dari karsinogen. Buah ini juga mengandung vitamin C yang akan membantu mengaktifkan antioksidan tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan. Selamat mencoba dan menikmati rasa buahnya yang selalu bikin ketagihan dan sangat bangus untuk kesehatan. Tapi ingat buah ini tidak mudah dicari, sehingga harganya cukup menguras kantong, karena terbilang buah langka.

Penulis : Salimah
Sumber: Berbagai sumber

Komentar