Segudang Manfaat Sayur Pare Untuk Perawatan Kecantikan, Begini Cara Aplikasikannya

Avatar of PortalMadura.Com
Segudang Manfaat Sayur Pare Untuk Perawatan Kecantikan, Begini Cara Aplikasikannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India. Sayuran ini jarang disukai orang karena rasanya yang pahit. Namun, ternyata sayuran ini mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan.

Sayuran pare mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang baik untuk perawatan kecantikan, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, mangan, seng, dan potassium. Ada banyak cara untuk memanfaatkan pare bagi kecantikan kulit. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Olah Menjadi Masakan
Menyantap seporsi pare sudah bisa memenuhi 54 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari. Karena itu tidak ada salahnya mengonsumsi pare secara teratur. Masak dengan cara ditumis, dikukus, atau jenis olahan lainnya untuk mendapatkan nutrisinya.

Olah Menjadi Jus
Pare tidak hanya kaya vitamin. Sayuran ini juga bisa membersihkan darah dari racun. Untuk detoksifikasi tubuh dan kulit, blender daging buah pare dan saring sarinya. Meskipun rasanya pahit dan langu, meminum jus ini seminggu sekali akan membantu menjaga kulit tetap mulus.

Jadikan Masker
Selain dimakan dan diminum, khasiat pare juga bisa didapatkan dengan mengolahnya menjadi masker.

Blender daging buah pare, kemudian padukan dengan air jeruk nipis, mentimun yang sudah dihaluskan, putih telur, atau yogurt. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan secara seksama.

Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu cuci wajah dengan air dingin. Sesudahnya keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih.

Jadikan Rendaman Untuk Mandi
Untuk menenangkan kulit yang ruam-ruam, iritasi, terbakar sinar matahari, atau gatal, rendaman pare merupakan obat yang pas.

Ambil dua buah pare, kemudian buang bijinya. Rebus dengan sepanci besar air selama 15 menit atau hingga mendidih. Biarkan air rebusan mendingin, kemudian campur dengan air mandi.

Berendam dalam air pare sehari sekali selama tiga atau empat hari akan menenangkan kulit yang teriritasi. Itulah beberapa cara untuk mendapatkan khasiat kecantikan dari si pahit pare. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.