oleh

Segudang Manfaat Tersembunyi Cocor Bebek Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Cocor bebek merupakan tanaman yang tumbuh liar di kebun dan pinggir parit atau tebing yang berbatu. Tanaman ini mudah sekali tumbuh.

Namun sayangnya, masyarakat hanya mengenal cocor bebek sebagai tanaman hias, padahal daun cocor bebek bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit.

Khasiat daun cocor bebek pernah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Osaka, Jepang dan hasilnya daun cocor bebek mengandung senyawa yang sangat efektif untuk memusnahkan sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A).

Selain itu daun cocor bebek juga mengandung Vit. A, tannin, asam lemon dan asam apel. Daun cocor bebek juga banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin.

Berikut ini beberapa manfaat cocor bebek untuk kesehatan.

Mengatasi Wasir
Daun cocor bebek dicuci bersih, diangin-anginkan sampai kering lalu ditumbuk sampai menjadi bubuk. Seduh satu sendok bubuk dengan air panas dalam cangkir, tambahkan satu sendok madu, minum hangat hangat 3x/hari.

Mengatasi Nyeri Lambung
Lima lembar daun cocor bebek diperas tambah sedikit garam dan diminum air perasan nya.

Mengatasi Muntah Darah
Tujuh lembar daun cocor bebek dilumatkan, tambahkan gula merah, tim dan minum selagi hangat.

Mengatasi Radang Amandel
10 lembar daun cocor bebek dilumatkan dan gunakan airnya untuk kumur kumur.

Mengatasi Radang Telinga Luar
Gunakan air perasan daun cocor bebek sebagai obat tetes telinga.

Obat Sakit Gigi
Siapkan 4 – 6 helai daun cocor bebek, kemudian lumatkan. Tempelkan di atas pipi gigi yang sakit. Lakukan sesering  mungkin sampai hilang rasa sakit giginya.

Obat Bisul
Cocor bebekbisa untuk mengeringkan bisul. Siapkan 7 – 8 helai daun cocor bebek, dan lumatkan jadi satu. Campur dengan madu, dan air hangat, dan minum sebagai antiseptik. Sisa lumatannya ditempelkan ke bisul. Lama kelamaan bisul akan pecah dan mengering.

Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber: manfaat.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE