Sekjen PBB: Soft Power AS Berkurang, Dunia Berantakan

Avatar of PortalMadura.Com
Sekjen PBB: Soft Power AS Berkurang, Dunia Berantakan
Sekjen PBB Antonio Guterres ( Betül Yürük - Anadolu Ajansı )

PortalMadura.Com, – Sekjen Antonio Guterres mengatakan dalam komentar yang diterbitkan Kamis, bahwa kekuatan (AS) sedang menurun karena Washington kehilangan kemampuannya untuk mempengaruhi berbagai peristiwa dunia.

“Saya pikir bahwa Amerika Serikat sedang pada saat ini,” kata Guterres dalam sebuah wawancara dengan majalah Atlantic. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (14/9/2018).

Guterres memperingatkan bahwa perkembangan itu menimbulkan tantangan unik bagi masyarakat Internasional, karena tanpa Washington “tidak ada solusi untuk menyelesaikan sebagian besar masalah di dunia.”

“Amerika Serikat saat ini terlibat dalam sejumlah konflik dengan berbagai sifat, dalam kaitannya dengan perdagangan dan dengan situasi lain, dan memang itu berarti bahwa ketertarikan masyarakat Amerika, yang merupakan faktor dominan dalam hubungan Internasional beberapa dekade lalu, saat ini kurang jelas,” kata Guterres.

Guterres tidak secara langsung menunjuk Pemerintahan Trump, tetapi komentarnya mencerminkan peningkatan jumlah perselisihan dagang AS di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump serta penarikan AS dari kesepakatan Internasional dan badan PBB.

Dia berpendapat bahwa dunia saat ini sedang “berantakan,” bergerak menjauh dari tatanan yang dipimpin AS, ke sistem multipolar yang belum sepenuhnya diselesaikan.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa tatanan dunia yang unipolar akan semakin dipertanyakan,” katanya.

“Baik Amerika Serikat maupun seluruh dunia harus mampu beradaptasi dengan situasi baru ini,” tambahnya. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.