oleh

Selain Anoreksia dan Bulimia, Ini Jenis-jenis Gangguan Makan

PortalMadura.Com – Akhir-akhir ini, warganet dihebohkan dengan beberapa selebriti yang tampil sangat kurus. Sehingga ada yang menyebut bahwa mereka mengidap gangguan makan anoreksia.

Perlu Anda ketahui, gangguan makan secara resmi diklasifikasikan sebagai gangguan mental oleh Manual Diagnosis dan Statistik Gangguan Mental (DSM). Kebanyakan gangguan makan yang lebih, dikenal dengan sebutan anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.

Terlepas dari kasus beberapa selebriti di atas, dengan berbagai ekspose dari media akan citra tubuh yang lebih ramping atau berotot, masalah gangguan makan ini tampak meningkat. Untuk itu, Anda perlu mengenali beberapa jenis gangguan makan lainnya.

Berikut jenis-jenis gangguan makan selain anoreksia dan bulimia:

Gangguan Berpesta Makan
Gangguan berpesta makan atau binge eating disorder baru-baru ini disebut sebagai salah satu gangguan makan. Dipercayai sebagai gangguan makan yang paling umum diidap di Amerika Serikat, umumnya gangguan ini dimulai saat remaja atau awal masa dewasa.

Gejala yang dimunculkan mirip dengan bulimia, namun perbedaannya mereka tidak membatasi kalori, berolahraga atau diet ekstrem, atau kebiasaan memuntahkan kembali makanan mereka sebagai kompensasi setelah berpesta makan.

Tanda-tanda gangguan ini adalah: makan banyak secara cepat, diam-diam hingga sangat kenyang walau tidak lapar, merasa kehilangan kontrol saat sedang berpesta makan, merasakan stres karena rasa malu, jijik atau bersalah saat memikirkan kebiasaan berpesta makan.

Melihat kebiasaan berpesta makan ini sudah pasti pengidapnya kegemukan atau obesitas. Sehingga menyebabkan mereka berisiko tinggi terkena komplikasi seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2.

Pica


Komentar