Selain Bagi Kehamilan, USG Bisa Deteksi 5 Masalah Kesehatan Ini

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Salah satu pemeriksaan yang dilakukan sebagian besar ibu hamil yaitu . Hal itu dilakukan biasanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi, memantau kondisi bayi dalam kandungan secara keseluruhan, hingga mencari masalah pada tubuh ibu hamil yang bisa merisikokan kehamilannya.

Namun ternyata, pemeriksaan USG tidak hanya untuk ibu hamil saja. Ada beberapa penyakit yang bisa didiagnosa dengan cara USG. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Penasaran penyakit apa saja?

Berikut penjelasannya:

Sistem Empedu
Segala penyakit atau gangguan yang berhubungan dengan sistem empedu bisa dideteksi lewat USG. Kantong empedu terletak di antara usus dan hati yang berfungsi menyimpan empedu dari hati sampai saatnya tiba untuk dilepaskan ke dalam usus guna membantu pencernaan.

Empedu itu sendiri merupakan cairan kuning kehijauan yang fungsinya mencerna lemak. Cairan empedu bisa menumpuk dan lama-lama mengkristal sehingga menimbulkan , seperti batu empedu dan kolesistitis. Masalah pada pankreas juga termasuk yang bisa dideteksi lewat pemeriksaan USG sistem empedu.

Sistem Urinasi (perkemihan)
Pemeriksaan USG dapat mendeteksi dan memberikan gambaran jelas mengenai masalah pada saluran kemih, yang dimulai dari ginjal sampai kandung kemih.

Penyakit atau kondisi medis yang bisa dideteksi termasuk hidronefrosis (pembesaran ginjal), tumor ginjal, penebalan dinding saluran kemih, hingga testis yang tidak turun pada anak dan testis yang terpuntir (torsio testis).

Sistem Kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah)
Pemeriksaan USG jantung disebut juga dengan ekokardiografi. Pemeriksaan ini khususnya menggunakan USG doppler. Doppler kebanyakan dipakai untuk mengukur laju aliran darah pada jantung dan pembuluh darah besar. Gambaran yang nantinya muncul berupa gambaran warna merah dan biru.

Dengan ekokardiografi, Anda dapat langsung melihat seberapa baik fungsi dan struktur jantung bekerja secara akurat. USG jantung dapat memberi tahu Anda bagaimana gerakan katup jantung, dinding jantung, dan sebaik apa aliran darah di bilik jantung. Dengan alat ini Anda dapat melihat apakah fungsi jantung Anda baik, apalagi jika dilakukan setelah serangan jantung.

Usus Buntu
Usus buntu (apendisitis) merupakan peradangan pada usus buntu yang disebabkan oleh penyumbatan. Usus buntu yaitu sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar. Usus buntu tidak memiliki fungsi tertentu, tapi ketika sumbatan tersebut pecah, radang usus buntu dapat membahayakan nyawa. Ketika dilihat lewat pemerikaaan USG, gambaran yang akan tampil adalah usus buntu akan berukuran lebih besar dari biasanya dan terdapat penebalan dinding dari usus buntu.

Pembesaran Kelenjar Getah Bening
Pemeriksaan USG dapat memberi tahu dokter seputar adanya pembengkakan kelenjar getah bening dan masalah lain yang terkait dengannya (limfadenopati, limfadenitis). Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya lebih rentan dialami anak-anak karena sistem daya tahan tubuhnya masih berkembang. Penyebab pembengkakan antara lain radang tenggorokan, infeksi virus, infeksi telinga, infeksi gigi, infeksi bakteri, dan infeksi HIV/AIDS.

Selain untuk memeriksa kondisi kehamilan dan lima jenis masalah di atas, pemeriksaan USG juga dapat dilakukan pada tenggorokan dan vagina sesuai apa yang dibutuhkan oleh dokter untuk diperiksa. Ukuran stik transdusernya pun bisa berbeda-beda, tergantung lokasi pemeriksaannya. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.