Seledri, Si Daun Hijau yang Miliki Khasiat untuk Kecantikan

  • Bagikan
khasiat Seledri
khasiat Seledri

PortalMadura.Com – Seledri atau yang memiliki nama latin apium graveolens merupakan salah satu sayuran hijau yang sering dipakai sebagai pelengkap sup dan beberapa jenis masakan lainnya. Rempah daun beraroma harum ini, selain baik untuk kesehatan dan diet ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Kandungan vitamin dan serat pada daun seledri ini dapat mempertahankan kecantikan kulit Anda. Bahkan, Sayuran hijau yang satu ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau dijadikan jus. Lalu, Apa saja manfaat seledri bagi kecantikan?.

Khasiat Seledri

Berikut lima khasiat penting seledri yang perlu Anda ketahui untuk kecantikan:

Menjadikan Kulit Cantik

Seledri memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sekitar 95 persen. Konsumsi jus seledri secara teratur dapat memenuhi kebutuhan air dalam sehari dan membuat sel-sel kulit terhidrasi. Akibatnya, kulit Anda akan menjadi lembut dan lentur.

Air dan kandungan antioksidan dalam seledri juga baik untuk detoksifikasi tubuh, menangkal radikal bebas, dan mencegah sel-sel kulit dari kerusakan. Maka dari itu, kulit Anda pun bebas dari masalah dan penyakit.

Mengatasi Kulit Berminyak

Seledri dapat membantu dalam mengurangi minyak di wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat mengambil tiga batang seledri, cuci bersih, iris kecil-kecil, tempatkan di wadah, tuangkan air mendidih lalu ditutup. Biarkan hingga dingin dan kemudian simpan di kulkas.

Pakai ramuan jus seledri ini untuk membilas wajah sebelum tidur. Lakukan setiap hari agar kulit wajah terbebas dari minyak berlebih.

Menjaga Kulit Muda

Jus seledri yang sarat dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, niasin, dan folat penting untuk produksi kolagen. Kolagen sendiri berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan.

Selain itu kalsium, kalium, magnesium, dan selenium di dalamnya akan menjadi asupan mineral penting yang menjadikan kulit cerah dan bersinar.

Bau Mulut

Bau mulut yang disebabkan karena menyikat gigi yang tidak benar atau akumulasi partikel makanan dan bakteri di dalam mulut dapat diatasi dengan seledri. Caranya, dengan mengunyah batang seledri akan mengatasi bau mulut yang disebabkan bakteri di mulut.

Pengobatan Jerawat

Seledri yang dipakai sebagai masker juga dapat membantu mengatasi jerawat. Jika Anda menderita jerawat, Anda dapat mencampur jus seledri dengan beberapa tetes tea tree oil.

Kemudian, oleskan ke seluruh wajah dan leher lalu diamkan sampai benar-benar kering. Nutrisi penting di dalamnya akan langsung terserap ke dalam lapisan kulit, sehingga melembapkan dan mengatasi masalah kulit dari dalam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.