Semarak Grand Final Duta Wisata Kacong Tor Cebbing Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Semarak Grand Final Duta Wisata Kacong Tor Cebbing Sumenep
Putri Indonesia Jawa Timur, Bella Putri Ekasandra, di panggung Grand Final Duta Wisata Kacong Tor Cebbing 2019 Kabupaten Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti/ @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar pemilihan duta wisata kacong tor cebbing tahun 2019. Grand final berlangsung, Rabu (23/10/2019) malam.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini diselenggarakan di tempat terbuka, yakni di Lapangan Kesenian Gotong Royong, Sumenep.

Peserta yang telah lolos tahap seleksi untuk mengikuti grand final kacong tor cebbing itu sebanyak 30 orang untuk kelas remaja dan 32 orang kelas anak-anak.

Awalnya, peserta yang mengikuti ajang tahunan itu mencapai 122 orang kelas anak-anak dan 87 orang kelas remaja.

Kemudian, mereka melewati beberapa tahapan seperti mengikuti city tour, karantina bagi kelas remaja dan technical meeting pada anak-anak.

Ada lima juri dari berbagai daerah di Jawa Timur yang menentukan juara kacong tor cebbing pada grand final malam ini salah satunya adalah putri Indonesia Jawa Timur, Bella Putri Ekasandra.

Semarak Grand Final Duta Wisata Kacong Tor Cebbing Sumenep
Kacong Tor Cebbing 2019 Kabupaten Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti/ @portalmadura.com)

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto mengatakan, pemilihan duta wisata ini juga sebagai bentuk melestarikan warisan budaya.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang seleksi untuk mengirim pada pemilihan duta wisata raka raki Jawa Timur,” terangnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, Sumenep memiliki potensi wisata kultur dan tradisi yang luar biasa. Namun, semua itu akan menjadi sia-sia dan hilang jika tidak dimanfaatkan dan diwariskan kepada penerus, terutama para pemuda.

“Sebagai duta wisata Sumenep, kalian harus aktif mengenalkan beragam wisata yang ada di Kabupaten Sumenep. Ke depan akan banyak even-even wisata yang dilakukan maka penguasaan terhadap aspek-aspek wisata perlu terus ditingkatkan,” terangnya.

Pihaknya berharap pemilihan ini bisa memberikan gairah dan motivasi bagi kaum muda untuk menjadi duta wisata di Kabupaten Sumenep sekaligus ikut serta dan melestarikan kebudayaan warisan masa lalu.

“Pesan saya, masa muda bukan untuk selalu bersenang-senang tetapi untuk mempersiapkan diri dengan baik menghadapi masa yang akan datang. Saat ini mencerminkan masa depan jika masa sekarang diisi dengan sesuatu yang sangat bermanfaat, maka akan melahirkan prestasi besar di masa datang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam momen tersebut adalah para pimpinan OPD Sumenep, Forkopimda Sumenep, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasyiadi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi.

Kemudian, dihadiri putra putri terpilih dari kabupaten lain di antaranya, Kacong Cebbing Sumenep 2018, Kacong Cebbing Pamekasan, Kang Mbak Yu Madiun, Gus Ning Jember, Gus Yuk Sidoarjo, Kacong Cebbing Bangkalan, Raka Raki Jawa Timur, Potra Potre Batik Sampang dan Putra Putri Batik Pamekasan.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.