oleh

Bunda, Lakukan 5 Cara Ini Saat Menyapih Si Kecil

PortalMadura.Com – Keputusan menyapih si kecil setelah berumur 2 tahun merupakan hal yang tepat. Namun, terkadang waktu ini menjadi mudah atau sebaliknya. Oleh karena itu, Bunda harus tahu kondisi anak ketika akan disapih.

Meski pemberian ASI lebih higienis, aman, dan mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit yang biasanya menyerang di usia rentan. Tapi menyapih juga perlu Bunda lakukan untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Baca Juga: ASI Keluar Setelah Lama Tak Menyusui, Normalkah?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (24/10/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menyapih si kecil:

1. Persiapkan botol susu yang sudah teruji sterilisasinya. Pertimbangkan pilihan susu dengan dokter yang bersangkutan. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan si kecil ya, Bun.

2. Latih anak minum susu menggunakan gelas atau dot secara perlahan ya, Bun.

3. Tawarkan botol berisi susu ketika jam lapar si kecil tiba. Lakukan pemberian susu dengan posisi berbeda dari pemberian ASI. Misalnya dengan membuat bayi setengah terduduk dan Bunda memberi susu padanya dengan berhadapan dan tatap matanya.

4. Usahakan tidak menyapih si kecil menggunakan cara yang bikin dia tidak nyaman ya, Bun. Apalagi menggunakan trik seperti mengoles sesatu yang pahit pada puting, bisa bikin anak trauma, Bun. Jadi, usahakan menyapih anak dengan cinta alias menerapkan weaning with love ya.

5. Setelah anak beralih ke susu lain karena sudah disapih, perhatikan juga reaksinya. Misalkan, apakah anak mengalami konstitipas dan reksi lain. Contohnya jika anak mencret atau mengalami reaksi alergi, segera konsultasikan dengan dokter ya, Bun.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar